Jakarta (ANTARA) -
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2010 mengajak 20 lansia Panti Jompo Pusaka 41, Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng, Jakarta Barat, untuk "healing" ke Jakarta Aquarium, Minggu.
 
Ketua Angkatan Akpol 2010 Kompol Reza Fahlevi mengatakan kegiatan ini dalam rangka peringatan 12 tahun pengabdian Alumni Rinaksa Sakalamandala Angkatan 2010.
 
Menurut dia, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2021, pihaknya mengadakan acara bakti sosial (baksos) dengan mengadakan pembagian sembako dan vaksinasi massal di Kota Depok, Jawa Barat.
 
Pada tahun ini, pihaknya menggandeng Jurnalis Trunojoyo yang sehari-hari meliput di Mabes Polri untuk menebar kebaikan di Panti Jompo Pusaka 41, Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng, Jakarta Barat.
 
"Kami ingin menghibur mereka, yakni penyandang disabilitas, 80 anak yatim, dan dhuafa dengan menghadirkan badut sulap. Para lansia dan istri (Bhayangkari) menemani berkeliling di Jakarta Aquarium. Mereka kami ajak 'healing'," kata Reza.
 
Kegiatan wisata bersama ini, kata Reza. wujud kepedulian kepada masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sejalan dengan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar para anggota Polri dekat dengan masyarakat.
 
Kondisi para lansia di panti jompo itu sangat memprihatinkan karena mereka ada yang ditinggalkan keluarganya di pagar panti. Meski demikian, para lansia tetap punya semangat hidup dengan melakukan kegiatan berjualan uli dan mengumpulkan botol plastik bekas.

Baca juga: Survei Lemkapi sebut kepercayaan publik terhadap Polri meningkat
Baca juga: Polri komitmen berikan pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas
 
"Melihat perjuangan hidup mereka, maka kami mengadakan acara yang membuat para orang tua ini terhibur karena mereka hampir tidak pernah keluar panti untuk rekreasi," ujar Reza.
 
Reza berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat di wilayah pinggiran, menggembirakan para lansia, anak-anak yatim, dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.
 
"Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri pada saat Apel Kasatwil agar kami semua bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri," kata Reza.
Sejumlah lansia dari Panti Jompo Pusaka 41 Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng, Jakarta Barat, mengikuti kegiatan "healing" ke Jakarta Aquarium, Minggu (18/12/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Tampak raut wajah bahagia terpancar dari muka para lansia saat mengunjungi Jakarta Aquarium. Mereka walau sulit berjalan tapi tetap semangat mengikuti tur selama kurang lebih 1,5 jam.
 
"Kaki saya sakit kalau jalan, tapi saya tetap ingin melihat-lihat karena ini pertama kali saya ke sini," kata salah seorang lansia berusia 68 tahun.
 
Para lansia diajak menikmati pertunjukan mermaid dan melihat koleksi ikan di Jakarta Aquarium.
 
Saat pemandu bertanya apakah para lansia mengenal ikan-ikan yang ada di aquarium, mereka menjawab ikan bandeng. Mereka bahkan tidak tahu nama ikan nemo yang hidup di koral atau terumbu karang.
 
Sementara, Ketua Yayasan Al-Madiniyah, Iis mengucapkan terima kasih kepada para Alumni Akpol 2010 karena mengadakan acara di tempatnya. Ketika mendengar akan diadakan baksos, dirinya bersama para pendamping lansia, anak yatim, dan penyandang disabilitas antusias untuk membantu terselenggaranya acara. Apalagi ketika ingin mengajak para lansia ke Jakarta Aquarium, dirinya mengiyakan. Pasalnya, para penghuni panti jompo ini tidak pernah menikmati dunia luar.
 
"Kami sangat berterima kasih kepada para Alumni Akpol 2010B yang mengadakan acara baksos dan memberikan hiburan. Semoga Polri tetap di hati masyarakat," kata Iis.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022