Dengan pencapaian kuartal III tahun ini yang menunjukkan hasil positif, dimana kami sudah mengantongi 98 persen laba bersih di tahun 2022, kami optimistis pada akhir tahun kinerja Jamkrindo dapat melebihi target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan
Jakarta (ANTARA) -
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) membukukan laba bersih sebesar Rp802 miliar sampai dengan September 2022 atau meningkat 44,76 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) sebesar Rp554 miliar.

Dengan demikian total aset perseroan mencapai Rp29,95 triliun dengan ekuitasnya sebesar Rp13,08 triliun.
 
Dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Jamkrindo Suwarsito menjelaskan perolehan laba bersih perseroan ditopang dari perolehan total pendapatan yang mencapai Rp6,15 triliun.
 
Pendapatan tersebut terdiri dari pendapatan operasional (pendapatan penjaminan dan pendapatan investasi) sebesar Rp5,41 triliun, pendapatan subrogasi bersih senilai Rp641,63 miliar, dan pendapatan lain-lain sebesar Rp25,21 miliar.
 
Adapun realisasi volume penjaminan sampai dengan September 2022 tercatat sebesar Rp220,36 triliun, yang meliputi penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp149,98 triliun dan penjaminan non KUR sebesar Rp70,37 triliun.
 
“Dengan pencapaian kuartal III tahun ini yang menunjukkan hasil positif, dimana kami sudah mengantongi 98 persen laba bersih di tahun 2022, kami optimistis pada akhir tahun kinerja Jamkrindo dapat melebihi target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) di tahun 2022 sebesar Rp818,95 miliar,” ujar Suwarsito.
 
Menurut dia, pencapaian positif ini membuktikan transformasi yang dilakukan perusahaan telah berhasil mendorong peningkatan kinerja. Transformasi berfokus pada enam elemen strategis perusahaan antara lain transformasi struktur organisasi dan manajemen sumber daya manusia.
 
Transformasi fundamental tersebut dibutuhkan karena Jamkrindo memiliki peran strategis untuk menjembatani UMKM memperoleh akses pembiayaan yang lebih efektif dan efisien. Kehadiran Jamkrindo dalam hal ini membantu pelaku UMKM dalam rangka mengakses sumber pembiayaan.
 
Dalam meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM dan koperasi, Jamkrindo menyediakan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif serta efisien secara berkelanjutan. Dari sisi layanan, untuk mempermudah para pelaku UMKM mengajukan penjaminan suretyship, Jamkrindo memiliki aplikasi Jamkrindo Online Suretyship (JOS).
 
Jamkrindo juga memiliki marketplace yaitu www.umkmlayak.co.id, platform digital yang dibuat sebagai layanan akses modal usaha UMKM dan kebutuhan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. Dalam membantu akses pembiayaan, platform UMKM Layak menjembatani antara UMKM yang memerlukan pembiayaan dan lembaga keuangan yang menyalurkan pinjaman bagi segmen ini.

Baca juga: Jamkrindo jamin KUR untuk 25,04 juta pelaku UMKM sejak 2007

Baca juga: Jamkrindo dukung peningkatan literasi keuangan bagi pelaku UMKM

Baca juga: Perkokoh komitmen, Jamkrindo hubungkan UMKM ke ekosistem digital

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022