Kabupaten Bogor (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak aparatur sipil negara (ASN) menjauhi penyalahgunaan narkoba dengan berolahraga dengan menggandeng tujuh kementerian dan lembaga berpartisipasi dalam kegiatan kejuaraan tenis meja.

Kepala BNN Petrus Reinhard Golose di sela Kejuaraan Tenis Meja Beregu Campuran dalam memperingati HUT ke-51 Korpri di GOR BNN Lido, Kecamatan Cibombong, Kabupaten Bogor, Senin, mengatakan kejuaraan tenis meja antar kementerian dan lembang bertujuan sosialisasi pesan perang melawan narkoba sampai kepada ASN.

"Kegiatan ini dalam rangka kampanye perang melawan narkoba, pesan ini supaya sampai ke aparatur sipil negara, karena kita ketahui banyak juga aparatur sipil negara yang menjadi korban, jadi penyalahguna narkotika," katanya.

Petrus menyampaikan personil BNN saat ini didominasi oleh ASN dibandingkan dengan personil Polri, sehingga pada HUT Korpri tahun ini menjadi kesempatan sosialisasi dan memberi rambu-rambu mereka agar menjauhi narkoba dan narkotika.

Baca juga: BNN jadikan tenis meja sarana kampanye antinarkotika saat HANI 2022

Baca juga: Kompetisi tenis meja "Smash on Drugs" rebut hadiah 37.000 dolar AS


Tujuh kementerian dan lembaga yang berpartisipasi yakni BNN RI A dan BNN RI B, Badan Informasi Geospasial (BIG), Kemen PUPR, BPIP, Kementan, Kemenkop LPDP KUMKM dan Kemenpora.

Pada kejuaraan ini, sebanyak 30 peserta berpartisipasi dalam dua hari pertandingan yaitu Senin (19/12) sampai Selasa (20/12).

Menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN) per Kamis (30/6), jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional yang bekerja di instansi pusat dan instansi daerah yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah 4.344.552 dengan rincian jumlah PNS 3.992.766 atau sebanyak 92 persen dan 351.786 atau 8 persen untuk PPPK.

Petrus berharap semangat perang melawan narkotika dengan mengalihkan waktu senggang untuk berolahraga bersama-sama dapat mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba dan narkotika.

"Ini diharapkan bisa meminimalisir peredaran narkotika atau minimal pesan untuk aparatur sipil negara agar tidak terpengaruh terhadap narkotika," katanya.*

Baca juga: BNN RI mengajak Purna Paskibraka Sulut jadi relawan antinarkoba

Baca juga: BNN optimalkan penerapan TPPU meski tangkapan kecil


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022