Dengan penerapan e-Kinerja, maka pengukuran kinerja ASN di Kayong Utara akan lebih mudah.
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara, Kalimantan Barat menjadi proyek percontohan diterapkannya presensi ASN (aparatur sipil negara) kerja sama dengan Perum LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) ANTARA Biro Kalbar, dengan model aplikasi e-Kinerja.

"Alhamdulillah Pemkab Kayong Utara menjadi proyek percontohan diterapkannya kerja sama penerapan e-Kinerja bekerjasama dengan Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar yang akan mulai diterapkan awal Januari 2023," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kayong Utara Jumadi, di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, untuk tahap awal penerapan e-Kinerja tersebut diterapkan di lingkungan BKPSDM Kayong Utara, kemudian awal Februari 2023 baru diluncurkan oleh Bupati Kayong Utara, sehingga mulai diterapkan pada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kayong Utara.

"Dengan penerapan e-Kinerja, maka pengukuran kinerja ASN di Kayong Utara akan lebih mudah, sehingga akan memudahkan kami untuk pemberian semacam tunjangan kinerja pada mereka (ASN) semacam TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai), yang salah satu itemnya dari presensi atau kehadiran pegawai," kata Jumadi.

Dia menambahkan, saat ini Pemkab Kayong Utara masih menerapkan model presensi sidik jari, sementara daerah lain mulai menerapkan model absensi menggunakan handphone, yang saat ini dikerjasamakan Pemkab Kayong Utara dengan Perum LKBN ANTARA.

"Dengan absensi menggunakan aplikasi e-Kinerja, maka tingkat kecurangan ASN akan lebih kecil. Dengan kerja sama ini, biayanya lebih murah, terjamin keamanannya karena Perum LKBN ANTARA adalah perusahaan milik negara, dan lebih utamanya lagi jaringan infrastrukturnya juga besar dan kuat," katanya pula.

Selain itu, Pemkab Kayong Utara sangat diuntungkan dalam kerja sama ini, karena dari segi penganggaran tidak terlalu besar, mengingat infrastruktur jaringannya sudah ada di ANTARA.

"Sehingga lebih murah dan tentunya yang utama lebih aman, karena servernya milik Perum LKBN ANTARA yang berada di dalam negeri," ujar Jumadi.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar Evy Ratnawati menyambut baik kerja sama Pemkab Kayong Utara dengan Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar, salah satunya dalam wujud penyediaan aplikasi e-Kinerja.

"Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, maka presensi ASN di lingkungan Pemkab Kayong Utara akan lebih tertata lagi dan juga lebih mudah dalam meningkatkan kinerja para ASN," katanya pula.

Evy menambahkan, tujuan dari kerja sama ini juga diharapkan semakin meningkatkan lagi layanan publik di Kayong Utara.
Baca juga: Kemendes PDDT siapkan aplikasi pantau kinerja pendamping desa
Baca juga: Menteri PAN-RB apresiasi penerapan e-kinerja berbasis BSC di NTB

Pewarta: Andilala
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022