Pelayanan berlangsung aman dan lancar, dan rombongan kepala negara kembali ke Dili melalui jalur darat.
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Atambua memberikan pelayanan keimigrasian untuk Presiden Timor Leste José Manuel Ramos-Horta bersama rombongan melintasi wilayah perbatasan RI-Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain, di Kabupaten Belu, NTT.

"Presiden Timor Leste, Bapak Jose Ramos Horta bersama mantan Presiden Pertama Timor Leste Bapak Kay Rala Xanana Gusmao beserta rombongan melakukan transit di PLBN Mota'ain sebelum meneruskan perjalanan keluar dari wilayah Indonesia untuk kembali ke Dili," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas IIA Tempat Pemeriksaan Imigrasi Atambua KA Halim ketika dikonfirmasi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTB) Senin.

Perlintasan Presiden Timor Leste beserta rombongan melalui PLBN Mota'ain dilakukan setelah melakukan kunjungan kerja di wilayah Oecusse, Timor Leste pada Minggu (18/12).

Halim mengatakan, dalam pelayanan perlintasan batas negara, pihaknya memberikan cap keberangkatan pada paspor Presiden Timor Leste dan rombongan delegasi yang berjumlah sebanyak 25 orang.

Sebagai tamu yang sangat penting, kata dia, pengurusan dokumen keimigrasian dan dokumen kepabeanan dilakukan oleh petugas agen konsulat Timor Leste dan Staf Kepresidenan Timor Leste.

Presiden Timor Leste dan mantan Presiden Pertama Timor Leste melintasi perbatasan menggunakan fasilitas bebas visa kunjungan diplomatik.

"Pelayanan berlangsung aman dan lancar, dan rombongan kepala negara kembali ke Dili melalui jalur darat menggunakan 9 unit kendaraan roda empat," katanya.

Ia menjelaskan saat berada di PLBN Mota'ain, Presiden Timor Leste disambut di Wisma Indonesia oleh seluruh instansi dari Indonesia maupun Timor Leste.

Orang nomor satu di Timor Leste itu juga sempat melakukan tatap muka singkat bersama para pejabat TNI dan Polri serta Petugas CIQS PLBN Mota'ain.

"Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan serta dukungan yang diberikan selama transit di wilayah Indonesia, terutama kepada petugas TNI, Polri serta CIQS atas pelayanan yang baik," katanya.

Halim menambahkan pelayanan terhadap Presiden Timor Leste beserta rombongan yang melintasi wilayah perbatasan negara ini merupakan bentuk penguatan hubungan bilateral Indonesia-Timor Leste yang sudah terjalin sejak lama.

Selain itu, juga merupakan wujud sinergi antarkedua negara dalam mendukung program kerja masing-masing negara, mengingat sebagian wilayah Timor Leste berbatasan darat dan laut secara langsung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Baca juga: Imigrasi Atambua catat kenaikan pelintas batas semenjak penerapan VOA
Baca juga: Sapaan Jokowi tambah motivasi prajurit Satgas Pamtas RI-Timor Leste

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022