Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengharapkan pemberian Anugerah Revolusi Mental 2022 mendorong semua pihak melakukan perubahan dan bergerak bersama dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pemberian penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2022 diharapkan akan mendorong seluruh agen perubahan bergerak secara bersama untuk melakukan perubahan positif dan komprehensif," kata Asisten Deputi Revolusi Mental Kemenko PMK Katiman Kartiwinomo di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Anugerah Revolusi Mental 2022 akan diberikan kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan menjadi pelopor perubahan untuk berbagai aspek yang telah atau sedang berlangsung di masyarakat.

"Para pihak yang akan mendapatkan Anugerah Revolusi Mental 2022 dinilai telah melakukan perubahan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental," katanya.

Dia menambahkan pemerintah memberikan apresiasi kepada para pihak yang dinilai telah melakukan perubahan guna mengoptimalkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

"Pemerintah memberikan penganugerahan agar Gerakan Nasional Revolusi Mental dapat terus berjalan semakin optimal dan juga dalam rangka menciptakan role model agar seluruh lapisan masyarakat dapat ikut tergerak," katanya.

Baca juga: TransJakarta Dapat Anugerah Revolusi Mental 2019, Tri Mumpuni: Transformasi Sosial yang Berhasil

Dia menjelaskan unsur penilaian dalam Anugerah Revolusi Mental 2022, pertama, mencakup tindakan yang bersifat fundamental, kedua, memberikan perubahan dan dampak positif terhadap masyarakat, dan ketiga, menghadirkan ruang-ruang keadilan sosial terhadap masyarakat sekitar.

Sekretaris Kemenko PMK Y.B. Satya Sananugraha mengatakan Kemenko PMK akan menggelar Anugerah Revolusi Mental Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga pemerintah, swasta, komunitas, hingga masyarakat yang telah melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif, dan berkelanjutan.

Peraih Anugerah Revolusi Mental 2022 telah melalui proses penilaian oleh dewan juri yang merupakan para ahli dan praktisi dari berbagai bidang.

Penyerahan Anugerah Revolusi Mental oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta para menteri terkait.

Dia juga menambahkan Anugerah Revolusi Mental 2022 adalah penganugerahan kedua setelah yang pertama pernah diadakan pada 2019.

Baca juga: Pemerintah berikan Anugerah Revolusi Mental ke sejumlah institusi
Baca juga: Pemerintah beri Anugerah Revolusi Mental dorong perubahan positif


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022