Seoul (ANTARA) - Kasus harian COVID-19 di Korea Selatan menembus angka 87.000 pada Selasa, tertinggi dalam lebih dari tiga bulan terakhir, saat gelombang virus terjadi pada musim dingin.

Otoritas setempat mencatat 87.559 kasus harian COVID-19, termasuk 74 kasus impor, sehingga total jumlah kasus selama pandemi mencapai 28.302.474, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Angka itu adalah rekor tertinggi sejak 93.949 kasus dilaporkan pada 14 September.

Korsel mengalami peningkatan kasus harian COVID yang stabil selama beberapa pekan belakangan di tengah kekhawatiran akan kemunculan kembali virus corona pada musim dingin.

Pada Selasa dan Rabu pekan lalu kasus harian COVID berada di atas angka 80.000.

KDCA juga melaporkan 56 kematian baru COVID pada Selasa, sehingga total kematian selama pandemi menjadi 31.490 kasus. Tingkat kematian COVID di negara itu masih sebesar 0,11 persen.

Jumlah pasien parah pada Selasa tercatat 519 kasus, turun 16 dari hari sebelumnya.

Garis kurva COVID yang kembali naik memberi tekanan pada rencana pemerintah untuk menghapus kewajiban pemakaian masker di dalam ruangan, aturan yang masih berlaku di Korsel sejak wabah itu muncul hampir tiga tahun lalu.

Otoritas kesehatan diperkirakan akan mengumumkan rencana penghapusan aturan itu secara bertahap pekan ini karena penyebaran virus mulai melandai.

Akan tetapi, sejumlah pakar menyatakan kekhawatiran pada keputusan itu, yang mereka nilai diambil secara tergesa-gesa.

Pemerintah sedang mempertimbangkan penghapusan aturan masker di dalam ruangan mulai pekan ketiga Januari, dengan pengecualian di tempat-tempat ramai seperti transportasi umum dan fasilitas kesehatan.

Sumber: Yonhap-OANA

Baca juga: Kasus harian COVID-19 di Korsel masih di bawah 60 ribu per hari
Baca juga: Kasus baru COVID-19 di Korsel meningkat lagi

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022