Padang (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung latihan tim sepak bola Semen Padang Football Club (SPFC) yang tengah mempersiapkan diri menghadapi lanjutan kompetisi Liga 2 2022.

"Sepak bola itu satu kesatuan dan semuanya harus baik agar target lolos ke Liga 1 dapat tercapai," kata dia di lapangan mes Semen Padang FC di Padang, Selasa.

Ia mengatakan Semen Padang FC pernah menjadi juara dan musim ini seluruh tim mulai dari manajemen, jajaran pelatih, pemain dan suporter harus saling bahu membahu untuk mewujudkan target tersebut.

Apalagi Semen Padang FC merupakan tim sepak bola milik BUMN dan pihaknya akan meminta perusahaan BUMN untuk mendukung langkah tersebut.

"Pada saat awal saya jadi menteri dulu beberapa orang datang kepada saya mengingatkan bahwa Semen Padang ini tim binaan BUMN dan saya langsung kumpulkan Dirut dan jajaran direksi BUMN yang memiliki darah Minang untuk berkontribusi bagi tim ini," kata dia.

Ia menyebutkan ada 31 orang yang saat ini menjabat sebagai komisaris maupun di jajaran direksi yang berasal dari Minangkabau.

"Kita tentu mengajak mereka agar mendukung tim asal mereka berjuang untuk naik ke Liga 1," kata dia.

Ia meminta agar tim ini memiliki satu kesatuan dan solid dalam segala hal dan tidak mengeluh namun harus mencari solusi apa yang harus dikerjakan mewujudkan target tersebut.

Dirinya mengajak seluruh tokoh Sumbar, pemerintah daerah,BUMN dan pemain agar bersama-sama menjaga soliditas, persatuan, transparansi, kemauan tinggi serta fokus mencapai target.

"Musim depan masuk Liga 1 dan satu atau dua tahun bertahan di papan tengah untuk mengambil nafas sebelum mengejar prestasi. Saya titip agar Semen Padang menjaga marwah tim dengan merekrut 40 persen pemain dari Minangkabau," kata dia.

Penasehat tim SPFC Andre Rosiade mengucapkan terima kasih atas dukungannya terhadap tim Semen Padang baik sebelum COVID-19 dan liga terhenti akibat pandemi dengan alokasi anggaran Rp15,3 miliar.

"Kita minta dukungan dan doa Pak Menteri agar tim ini promosi ke Liga 1," kata dia.

Perwakilan Suporter Semen Padang FC Buya mengatakan Semen Padang FC ini merupakan satu-satunya tim sepakbola kebanggaan Sumatera Barat dan pihaknya meminta agar perusahaan BUMN memberikan dukungan penuh kepada tim ini.

"Kami juga meminta Menteri BUMN agar dapat membangun fasilitas stadion dan lapangan latihan di Ketaping Padang Pariaman yang merupakan lahan milik Semen Padang," kata dia.

Menteri Erick Thohir didampingi Wagub Sumbar Audy Djoinaldy, Anggota DPR RI Andre Rosiade serta sejumlah pimpinan BUMN meninjau latihan tim Semen Padang FC.

Baca juga: Semen Padang FC liburkan pemain karena tak ada kejelasan kompetisi
Baca juga: Semen Padang FC kumpulkan pemain pekan depan jelang lanjutan Liga 2

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022