Energi, pangan, dan kesehatan adalah sektor yang sangat fundamental untuk kita tangani terus ke depan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan sektor energi, pangan, dan kesehatan perlu diarahkan untuk lebih berkelanjutan ke depan.

“Energi, pangan, dan kesehatan adalah sektor yang sangat fundamental untuk kita tangani terus ke depan,” kata Suahasil dalam webinar Indonesian Economic Outlook 2023 di Jakarta, Selasa.

Energi harus tersedia dengan harga yang terjangkau dan dari sumber yang hijau atau tidak mencemari lingkungan.

Sementara, pangan perlu berkelanjutan dengan pembangunan infrastruktur, pemenuhan kebutuhan petani terhadap tanah, dan pembuatan pasar untuk pangan yang baik.

“Sektor kesehatan juga menjadi sangat penting. Kita mesti menyeimbangkan permintaan dan supply, karena kebutuhan rumah sakit, sumber daya manusia, jaringan, dan pelayanannya,” katanya.

Ketiga sektor tersebut dapat dikembangkan agar berkelanjutan dengan menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang akan memberikan dampak berlapis terhadap perekonomian nasional.

“Sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia baru harus kita dapatkan dari hilirisasi sumber daya alam. Kalau ada larangan ekspor, itu bukan tujuan, tujuannya hilirisasi agar sumber daya alam kita diproses di dalam negeri,” ucapnya.

Perekonomian yang ramah lingkungan juga perlu terus diterapkan karena ekonomi hijau akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia ke depan.

“Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga merupakan salah satu cara ke depan untuk menghasilkan perekonomian yang berkelanjutan. UMKM juga katalis pertumbuhan ekonomi lokal dan dekat dengan produk lokal,” ucapnya.

Baca juga: Airlangga: Pembangunan untuk ekonomi inklusif-berkelanjutan pada 2023
Baca juga: INA-IFU Denmark teken kerja sama untuk akselerasi transisi energi
Baca juga: Swedia-Indonesia berkomitmen capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022