Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun menyampaikan bahwa tujuh event atau kegiatan budaya yang telah terlaksana setidaknya tiga kali dan memberi dampak besar, telah lolos tahap pertama Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

"Kegiatan budaya yang diadakan di Bali baik itu asosiasi maupun dinas pariwisata daerahnya kita sudah kurasi yang akan dibantu oleh Kemenparekraf melalui KEN. Tahun ini sudah kita ajukan, yang lolos tahap satu ada tujuh," kata dia di Denpasar, Selasa.

Baca juga: Festival Bau Nyale Lombok Tengah masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Adapun tujuh kegiatan tersebut adalah Bali Rockin Blues (Denpasar), Tanah Lot Festival (Tabanan), Ubud Jazz Festival (Gianyar), Nusa Penida Festival (Klungkung), Penglipuran Village Festival (Bangli), Pemuteran Bay Festival (Buleleng), dan Pesta Kesenian Bali (Pemprov Bali).

Tjok Bagus menjelaskan bahwa tujuh kegiatan yang lolos tahap pertama KEN 2023 ini terlebih dahulu diusulkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Bali yang kemudian dikurasi Dispar Bali dan terpilih 10 untuk diajukan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tahap pertama dari persyaratan administrasi, seberapa dampaknya bagi masyarakat, baru yang kedua tahap presentasi dari masing-masing penyelenggara. Yang tidak masuk bukan karena tidak lolos. Ada yang memang dari proposalnya tidak lengkap, padahal kita sudah dorong," ujarnya.

Baca juga: Festival Pasar Terapung Kalsel masuk Kharisma Event Nusantara

Atas kondisi tersebut, Kepala Dispar Bali itu melihat ke depan perlu adanya pendampingan agar urusan administrasi tak jadi penghalang bagi kegiatan budaya untuk lolos Kharisma Event Nusantara.

Apabila semakin banyak kegiatan terlaksana kata dia, maka berpotensi membuat wisatawan menambah durasi tinggal dan datang kembali pada tahun selanjutnya untuk menghadiri event yang sama.

Baca juga: Festival Taka Bonerate masuk Kharisma Event Nusantara 2022

Untuk itu, Tjok Bagus meminta pengelola kegiatan agar membuat event terbaik sehingga memberikan dampak besar bagi wilayah tersebut terutama sebagai daya tarik wisatawan.

Keuntungan lain dari terpilihnya sebuah kegiatan dalam Kharisma Event Nusantara adalah promosi dan bantuan dana dalam penyelenggaraan acara, kata Tjok Bagus.

Baca juga: Festival Krakatau lolos dalam Kharisma Event Nusantara 2022

"Kalau lolos dia terpromosikan secara internasional, karena itu rangkaian dari event internasional wisata. Ke manapun pemerintah pusat promosi, event itu akan terus dipromosikan setahun penuh," jelasnya.

Maka dari itu, kabupaten/kota menunjukkan antusiasnya dengan mengirim banyak usulan, namun Pemprov Bali dibatasi mengajukan 10 kegiatan untuk KEN 2023. Sementara itu, pada KEN 2022, Tjok Bagus mengaku mengajukan 19 kegiatan dan pada tahap akhir sebanyak 7 event lolos kurasi pusat.

Baca juga: Menparekraf: Sanur Village Festival masuk 100 Kharisma Event Nusantara
Baca juga: Sandi: TIFAF 2022 layak masuk 100 besar Kharisma Event Nusantara

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022