Jayapura (ANTARA) - Koramil 1708-03/BB gelar kegiatan ketatalaksanaan bimbingan teritorial Semester II Tahun Anggaran 2022 kepada para babinsa yang berlangsung di Makoramil 1708-03/BB, Distrik Biak Barat, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu.

Komandan Koramil 1708-03/BB, Kapten Inf Yakobus Obinaro, dalam siaran pers Penerangan Kodim 1708/Biak Numfor, di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan itu guna meningkatkan kegiatan Binter dan mewujudkan teritorial.

Baca juga: Koramil Numfor bersama warga bersihkan bahu jalan Kampung Kornasoren

Menurut Obinaro, kegiatan ketatalaksanaan binter merupakan suatu proses kegiatan manajemen teritorial di tingkat koramil yang bertujuan sebagai pedoman dalam menyusun rencana kegiatan binter koramil.

"Dan sebagai bahan masukan dalam penyusunan sistem perencanaan dan pengendalian binter maupun produk binter lainnya," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan wujud dari pembinaan teritorial TNI AD yang merupakan fungsi utama dalam membantu pemerintah menyiapkan potensi wilayah secara dini.

Baca juga: Koramil 1708-05/Numfor bersama warga hiasi bahu jalan sambut Natal

"Serta menjadi Kekuatan pertahanan, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI bersama rakyat," ujarnya.

Pelaksanaan ketatalaksanaan binter meliputi kegiatan pengumpulan data teritorial, analisa kejadian, penyusunan rencana kegiatan binter dan pembuatan laporan kegiatan binter.

Ia bilang, dengan dilaksanakan ketatalaksanaan binter diharapkan para babinsa dalam melaksanakan tugas termasuk pengumpulan data, penyusunan dan pelaksanaan baik itu Sisrendal Binter maupun ketatalaksanaan binter bisa lebih optimal sehingga tersusun data teritorial yang valid dan akurat.

Baca juga: Koramil 1708-06/SU bantu warga cat lukisan sebagai hiasan gereja

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022