Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Priska Madelyn Nugroho menjadi sorotan dunia lantaran berhasil membukukan lima gelar tunggal turnamen ITF World Tennis Tour dalam enam bulan terakhir.

Akun media sosial ITF mengunggah foto Priska yang menunjukkan dirinya dalam lima sudut pengambilan gambar. Unggahan tersebut mendapatkan komentar dari akun resmi Billie Jean King Cup yang menyebut petenis berusia 19 tahun itu "tidak terhentikan."

Ajang tim internasional utama dalam tenis putri itu juga mengunggah kembali foto tersebut dalam akun media sosialnya, Rabu, dengan membubuhkan keterangan "menempatkan tenis Indonesia dalam peta."

Baca juga: Priska Nugroho menangi gelar tunggal ITF W25 Solapur
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ITF Tennis (@itftennis)



Priska merebut gelar tunggal terbarunya akhir pekan lalu dalam ITF W25 di Solapur, India, setelah mengalahkan petenis Finlandia Anastasia Kulikova pada babak final.

Unggulan kedelapan itu menekuk unggulan ketiga berusia 22 tahun asal Eropa itu dengan straight set 6-4, 6-2.

Gelar tersebut memberi Priska tambahan poin, dan peringkat tunggalnya berdasarkan laman WTA, Rabu, tercatat berada pada posisi 391 dunia yang merupakan tertinggi untuk petenis putri Indonesia.

Gelar lainnya Priska dapatkan ketika menjuarai ITF W25 Traralgon 2, Australia, pada November, setelah mengalahkan petenis Inggris Naiktha Bains 6-4,6-4 dalam final.

Tiga gelar lainnya didapatkan Priska secara beruntun dalam tiga pekan perjuangannya di Tunisia.

Baca juga: Priska Nugroho menangi gelar tunggal ITF W25 Traralgon

Dia menjuarai ITF W15 Monastir 28 yang berlangsung pada 18 Juli-24 Juli 2022 usai memenangi laga pamungkas yang ketat melawan petenis India Vaidehi Chaudhari dengan 6-3, 1-6, 6-4.

Pekan berikutnya 25 Juli-31 Juli 2022, Priksa kembali mengangkat trofi dalam ITF W15 Monastir 30 setelah menang mudah 6-2, 6-1 atas petenis Rusia Anastasia Gureva.

Priska kemudian merebut gelar ITF W15 Monastir 32 pada 8 Agustus-14 Agustus 2022 setelah menumbangkan petenis Jepang Saki Imamura 6-0, 6-3.

Saat ini, Priska masih beredar di India untuk mengikuti turnamen ITF W15 Bengaluru. Dia baru saja mengalahkan petenis Ukraina Valeriya Strakhova dengan 3-6, 6-3, 7-5, dan selanjutnya menghadapi wakil tuan rumah Shrivalli Rashmikaa Bhamidipaty pada babak 16 besar.

Pada sektor ganda, Priska yang berpasangan dengan petenis Rusia Ekaterina Yashina mengalahkan duet asal India Rutuja Bhosale/Vaishnavi Adkar dengan 6-3, 6-4 pada 16 besar, Selasa.

Baca juga: Priska Nugroho juarai ganda putri ITF W60 Monastir

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022