Jakarta (ANTARA) - Piala Dunia 2022 sudah berakhir. Semua perseteruan antara tim-tim yang menjadi peserta turnamen sepak bola terbesar sejagat itu pun sirna.

Namun epilog turnamen itu mungkin telah membuka perseteruan baru antar-pemain bintang Piala Dunia.

Dan itu pastinya bukan antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo yang selama dua puluh tahun terakhir selalu menjadi sumber perdebatan mengenai siapa yang terhebat di dunia.

Perseteruan itu adalah antara Messi dengan Kylian Mbappe yang justru sama-sama pemain Paris Saint Germain di Liga Prancis.

Sebelum Piala Dunia 2022, persaingan antara kedua megabintang ini sudah menjadi konsumsi awam di Prancis, tapi sempat mendingin sampai Messi dan Mbappe bisa akur kembali di PSG, juga dengan Neymar.

Kini hubungan itu sepertinya retak kembali setelah final dramatis dalam Piala Dunia 2022 yang menjadi pertarungan pribadi antara kedua bintang yang sama-sama menunjukkan peran sentral untuk tim mereka.

Baca juga: Messi pemain terbaik raih Bola Emas, Mbappe kebagian Sepatu Emas

Seandainya dalam adu penalti itu Prancis yang menang mungkin Mbappe yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik.

Dengan hattrick yang menumbangkan rekor Geoff Hurst sebagai satu-satunya pesepakbola yang mencetak hattrick dalam sebuah final Piala Dunia pada 1966, Mbappe sebenarnya bisa disebut man of the match final Piala Dunia 2022.

Tetapi sepak bola juga acap berkaitan dengan Dewi Fortuna. Dan kali ini sang dewi tidak memihak Les Bleus.

Dua kali Mbappe membuat Prancis menyamakan kedudukan. Tiga tendangan penaltinya pun (termasuk satu dalam adu penalti) seluruhnya mulus masuk gawang Argentina tanpa bisa dihalau kiper Emiliano Martinez.

Ironisnya, Emiliano Martinez bisa menjadi orang yang membuat perseteruan Messi dengan Mbappe memanas kembali.

Martinez yang membuat gerakan mesum saat menerima Golden Glove, mengulangi ejekannya kepada Mbappe dalam kesempatan lain.

Terakhir, penjaga gawang Aston Villa itu menggendong boneka berwajah Mbappe saat parade sukses Argentina menjuarai Piala Dunia di Buenos Aires sehari lalu, seolah ingin mengatakan "Hey Mbappe kau masih bocah, kau belum pantas disandingkan dengan Messi."

Baca juga: Pasar taruhan harapkan Kylian Mbappe sisihkan Lionel Messi

Selanjutnya: Tak berteman

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022