Penghargaan diberikan kepada BRINS berdasarkan penilaian pihak eksternal pada tata kelola BRINS yang baik
Jakarta (ANTARA) - BRI Insurance (BRINS) menerima penghargaan Good Corporate Governance (GCG) sebagai Indonesia Trusted Company pada ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2021 yang diadakan pada 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi oleh penyelenggara Indonesia Institut for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

"Penghargaan diberikan kepada BRINS berdasarkan penilaian pihak eksternal pada tata kelola BRINS yang baik. Hal ini membuktikan komitmen BRINS yang selalu menjunjung tinggi penerapan GCG yang tumbuh, berkualitas, dan berkelanjutan, yang dapat memberikan dampak baik pada perusahaan untuk jangka panjang dan membangun kepercayaan kepada pemangku kepentingan," ujar Heri dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan visinya, yaitu The Most Trusted Partner for Reliable Protection Solution, penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company, kata dia, akan menjadi motivasi BRINS untuk meningkatkan tata kelola yang baik dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

CGPI merupakan program riset dan pemeringkatan praktik GCG perusahaan di Indonesia yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2001. Adapun CGPI 2021 diikuti oleh total 34 perusahaan sebagai peserta.

Setiap perusahaan peserta telah melalui dua tahapan penilaian, yaitu analisis dan observasi. Tahapan analisis dilakukan dengan metode pengisian kuesioner (self assessment) dan penilaian dokumen perusahaan, sedangkan tahapan observasi dilakukan dengan metode paparan eksekutif serta diskusi aktif antara tim penilai dengan organ perusahaan.

Aspek penilaian pada CGPI 2021 mencakup struktur tata kelola (governance structure), proses tata kelola (governance process), dan hasil tata kelola (governance outcome), yang dijabarkan dalam beberapa indikator menggunakan perspektif pemangku kepentingan.

Dalam cakupan analisis tersebut, BRINS dinilai telah sukses diakui sebagai perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG dengan baik.

Heri mengatakan angka penilaian yang dihasilkan dalam penghargaan ini belum "titik", tetapi masih "koma", yang artinya di tahun mendatang BRINS memiliki komitmen untuk dapat menerapkan GCG yang lebih baik lagi, sehingga dapat memberikan nilai kepercayaan dari masyarakat maupun mitra bisnis.

Baca juga: BRINS nilai analisis data penting bagi industri asuransi
Baca juga: CEO BRI Insurance dapat penghargaan Top Executive of Insurance 2022
Baca juga: BRI Insurance dinobatkan sebagai Insurance Market Leader 2022

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022