Jakarta (ANTARA) -
Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan dukungan terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus meningkat, termasuk dari kalangan pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019 lalu.

"Pemilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 mayoritas cenderung memberikan pilihan pada Erick Thohir sebagai cawapres," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam acara Temuan Survei Nasional Tendensi Peta Politik Pilpres 2024 Tren Kekuatan Elektoral Partai Politik, Capres, dan Cawapres di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dalam siaran persnya.
 
Berdasarkan hasil survei, pemilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin (44,6 persen) pada Pemilu 2019 mayoritas cenderung memberikan pilihan pada Erick Thohir (22,1 persen) sebaga cawapres pada pemilu mendatang.

Angka tersebut, lanjut Hanta Yuda, merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kandidat calon wapres lain, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ridwan Kamil mendapatkan dukungan sebesar 9,8 persen, sedangkan AHY memperoleh 9,6 persen.

"Dengan dukungan ini, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam bursa cawapres hasil survei nasional Poltracking," katanya.

Baca juga: Survei IPI: Erick Thohir dijagokan jadi cawapres

Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas 16,2 persen sebagai calon orang nomor dua di Indonesia.

Sementara itu, Ridwan Kamil dan AHY berada di posisi dua dan tiga. Mereka berdua terekam memiliki elektabilitas di bawah Erick Thohir, yakni 15,1 persen dan 12 persen.

"Dalam simulasi 10 nama cawapres, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 16,2 persen, diikuti Ridwan Kamil 15,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 12 persen," ujar Hanta Yuda.

Survei tersebut dilakukan pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1220 responden dengan margin of error +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Poltracking: Elektabilitas Erick Thohir 3 teratas di 5 provinsi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022