Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Mercu Buana Prof Dr Andi Andriansyah MEng mengatakan kearifan lokal merupakan identitas penting bagi pergaulan global.

"Kearifan lokal atau local wisdom dalam bentuk nilai-nilai moral, tradisi dan budaya menjadi identitas penting di tengah-tengah pergaulan global, " ujar Andi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Kearifan lokal juga menjadi instrumen penting bagi sebuah bangsa bertahan di tengah-tengah masyarakat dunia yang semakin kompetitif.

“Lokalitas nilai budaya tidaklah bertentangan dengan globalisasi, justru sebaliknya. Keduanya dapat berkolaborasi dalam mendorong kesejahteraan kehidupan manusia. Kemajuan teknologi informasi atau internet memungkinkan setiap individu melakukan aktivitas dengan skill dan kapasitas global dengan mindset kearifan lokal,” kata dia.

Baca juga: Universitas Mercu Buana buka akses listrik bagi masyarakat di NTT

Baca juga: "Lovingurself" wujud kepedulian mahasiswa atas kesehatan mental pemuda


Sebelumnya, Universitas Mercu Buana mewisuda sebanyak 2.540 mahasiswanya. Terdiri dari 10 wisudawan program Diploma, 2.264 program Sarjana, 262 program Magister dan empat program Doktoral. Tampil sebagai wisudawan terbaik Muhammad Bilal Asshogiri SIKom dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,96 dengan total skor prestasi 92,50.

Dia menambahkan Universitas Mercu Buana, didirikan H Probosutedjo, merupakan sebuah perguruan tinggi yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan sesuai perkembangan zaman, melainkan juga mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang diambil dari kearifan lokal yang ada.

“Universitas Mercu Buana harus menyediakan kualitas pendidikan yang baik, dan mampu memberikan pendidikan watak yang baik mengiringi pendidikan keilmuan,” kata profesor peneliti robot humanoid itu.

Andi juga menyampaikan sejumlah capaian prestasi yang diraih Universitas Mercu Buana dalam satu tahun terakhir, antara lain mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT, PTS Peringkat Satu di Indonesia berdasarkan Analisis AD Scientific Index, peringkat empat Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia, peringkat dua Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta versi Webometrics 2022, dan ranking tiga se-Indonesia dalam Capaian IKU MBKM 2022.*

Baca juga: Mercu Buana selenggarakan Kuliah Peduli Negeri ciptakan entrepreneur

Baca juga: Dampak COVID-19, Universitas Mercu Buana laksanakan kuliah daring

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022