Ini juga untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Pemprov Kalbar dan Pemprov Jateng yang ditandatangani oleh gubernur masing-masing pada tahun 2020.
Semarang (ANTARA) - Perusahaan Daerah Aneka Usaha, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menjajaki kerja sama bisnis dengan PD Cipta Mandiri Jawa Tengah (CMJT), BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Ini juga untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Pemprov Kalbar dan Pemprov Jateng yang ditandatangani oleh gubernur masing-masing pada tahun 2020," kata Direktur Teknik dan Pemasaran Perusda Aneka Usaha Wahyu Cundrik Pamungkas di Semarang, Jumat.

Berdasarkan kesepakatan bersama tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menyinergikan program-program pemerintah daerah Kalbar maupun Jateng dalam rangka pembangunan daerah. Kemudian, tujuan dari kesepakatan bersama itu untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi serta sumber daya secara efektif dan efisien guna mendorong kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Mayoritas BUMD DKI telah terapkan sistem manajemen anti penyuapan

Ruang lingkup kegiatan di antaranya di bidang perdagangan, kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, pariwisata dan ekonomi kreatif, sosial serta urusan pemerintahan lainnya sesuai kewenangan para pihak.

Saat bertemu dengan Direktur Operasional dan Pemasaran PD CMJT Totok Agus Siswanto, disepakati bahwa kedua belah pihak akan menindaklanjuti dengan pemetaan potensi daerah masing-masing.

"Kalbar kaya akan berbagai hasil alam, seperti jeruk, lada, buah-buahan, perkebunan, dan lainnya," ujar dia.

Sementara itu di Jawa Tengah juga banyak komoditas yang masih dibutuhkan di Kalbar seperti dari sektor pertanian dan perkebunan. "Jadi, ini sekaligus untuk membuka peluang pasar bagi petani atau perajin serta UMKM lokal," kata Wahyu Cundrik Pamungkas.

Bahkan, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan jaringan yang dimiliki PD CMJT hingga menembus pasar ekspor yang selama ini belum terjangkau UMKM ataupun petani Kalbar.

"Kami menyambut baik tindak lanjut dari kerja sama ini karena tujuan akhirnya sama-sama untuk meningkatkan perekonomian daerah dan mendorong kesejahteraan masyarakat," ujar Totok Agus Siswanto.

Baca juga: Lima BUMD ikuti bursa kerja disabilitas

PD CMJT, ia menambahkan, pada 2023 juga fokus dalam mempersiapkan cadangan pangan daerah sesuai arahan dari Pemprov Jateng.

Dalam kunjungan tersebut, Wahyu Cundrik didampingi Kabid Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindag dan ESDM Kalbar M Yusuf.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022