Yogyakarta (ANTARA) - Pameran foto bertajuk "Bangkit Menuju Endemi featuring Jawimajinasi" yang dihelat Perum Lembaga Kantor Berita Antara bersama Badan Otorita Borobudur (BOB), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) menyoroti geliat kebangkitan pariwisata Indonesia menyongsong  endemi COVID-19

Pameran kolaborasi itu berlangsung di Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

"Kita sedikit lagi lepas dari pandemi. Tempat-tempat destiansi wisata beserta tingkat kunjungannya sudah mulai bangkit lagi dan segala aktivitas sudah berjalan menuju endemi," ujar kurator pameran Ismar Patrizki saat pembukaan pameran di Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Jumat.

Sebanyak 200 foto dipajang di ruang terbuka kompleks situs bersejarah di Kota Yogyakarta itu.

Baca juga: LKBN ANTARA gelar pameran foto "Bangkit Menuju Endemi" di Blitar

Baca juga: Menkominfo kunjungi pameran foto ANTARA di KTT G20


Dalam pameran itu, 85 foto merupakan karya 38 pewarta foto LKBN ANTARA yang disajikan dalam bagian tema "Bangkit Menuju Endemi".

Sejumlah foto menggambarkan berbagai upaya pemerintah dan masyarakat untuk bangkit dari pandemi COVID-19, mulai dari aspek kesehatan, pertumbuhan ekonomi nasional, penanganan BBM bersubsidi, antisipasi krisis pangan, hingga pengembangan UMKM.

"Bangkit menuju endemi adalah penggambaran ilustrasi dari capaian kinerja pemerintah selama 2022," tutur Ismar.

Sementara pada bagian tema "Jawimajinasi" menghadirkan foto-foto cerita karya PFI Yogyakarta tentang imaji tanah Jawa yang memotret destinasi pariwisata serta tradisi budaya di wilayah kerja BOB.

"Menghadirkan visual tentang imaji, tentang tanah Jawa. Bahwa di sini, di Jawa ini kita punya budaya dan pariwisata yang selepas pandemi sudah siap untuk dikunjungi, sudah siap untuk ramai lagi," ujar Ismar.
Pengunjung mengamati karya foto yang dipamerkan saat pembukaan pameran fotografi bertajuk Bangkit Menuju Endemi featuring Jawimajinasi di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Luqman Hakim)


Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Widodo Muktiyo mengapresiasi pameran itu sebagai bagian sosialisasi capaian kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 2002.

"Foto-foto yang ada di sini sebagian ada di dalam buku laporan Capaian Kinerja Tahun 2002 sehingga mudah-mudahan ini bagian sosialisasi yang diharapkan masyarakat bisa menyaksikan," kata dia.

Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Ahmad Munir menambahkan pameran foto di Yogyakarta merupakan edisi penutup dari enam rangkaian pameran yang digelar setiap tahun di seluruh Indonesia dengan tema beragam.

"Kami setiap tahun mendapat penugasan dari pemerintah berupa public service obligation  yang salah satunya dirupakan dalam kegiatan pameran di seluruh Indonesia," ujar Munir.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (BOB) Agus Rochiyardi berharap kolaborasi dengan LKBN ANTARA dapat terus berlanjut untuk meningkatkan promosi pariwisata di Indonesia.

Melalui pameran itu, ia berharap masyarakat dapat menyadari bahwa destinasi wisata di Yogyakarta bukan hanya Candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta.

"Sehingga distribusi wisatawan dapat menyebar di berbagai destinasi menarik lainnya," ujar Agus.*

Baca juga: Pewarta Antara juara I lomba foto bertajuk pembangunan berkelanjutan

Baca juga: Foto ANTARA dipamerkan di Forum Perempuan Asia-Afrika

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022