Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meyakini pengamanan dan keselamatan pertandingan sepak bola Indonesia membaik setelah ia menonton langsung laga Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Menurut Presiden dalam pertandingan yang dimenangi Indonesia dengan skor 2-1 atas Kamboja itu telah menunjukkan pihak kepolisian telah menerapkan protokol dan standar pengamanan baru.

"Saya waktu datang tadi melihat kepolisian ada protokol baru....nanti saya dengar ini penontonnya dibatasi 30 ribu, kemudian dinaikkan lagi pada suatu titik dengan manajemen yang baru, protokol yang baru, sistem yang baru, insyaallah kita lebih baik," kata Jokowi kepada awak media selepas pertandingan, demikian seturut keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Perihal protokol pengamanan dan keselamatan pertandingan sepak bola di Indonesia menjadi sorotan setelah insiden berdarah Tragedi Kanjuruhan dalam laga Liga 1 Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022.

Merespon kejadian itu, selain memerintahkan pengusutan, Presiden juga menginstruksikan dilakukan evaluasi secara menyeluruh atas kondisi kelayakan stadion maupun manajemen pertandingan.

Baca juga: Polisi: 1.394 personel amankan laga Indonesia versus Kamboja

Sementara dari pihak Kepolisian RI, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga yang ditetapkan 28 Oktober 2022 dan secara resmi diundangkan 4 November 2022.

Melihat praktik protokol baru tersebut, Presiden meyakini bahwa pengamanan stadion selama Piala AFF akan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi kesediaan Presiden Jokowi untuk hadir langsung di SUGBK menyaksikan laga Indonesia vs Kamboja.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Jokowi yang meluangkan waktu hadir langsung di SUGBK ini menyaksikan laga timnas. Kehadiran beliau tentu menjadi motivasi tambahan sekaligus kebanggaan bagi para pemain timnas," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 berkat gol-gol yang dicetak Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman, sementara Kamboja sempat membalas melalui Saret Krya.

Selanjutnya, Egy dkk dijadwalkan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk melakoni laga lanjutan melawan Brunei Darussalam pada Senin (26/12).

Baca juga: Tonton Indonesia kalahkan Kamboja, Presiden doakan menang lawan Brunei
Baca juga: Indonesia awali Piala AFF 2022 dengan menang 2-1 atas Kamboja

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022