Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merekomendasikan sejumlah objek wisata di Kota Pahlawan untuk masyarakat saat liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Cak Eri panggilan akrab Eri Cahaydi, di Surabaya, Minggu, mengatakan ada banyak objek wisata di Kota Pahlawan yang dapat dikunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru, di antaranya Kebun Binatang Surabaya (KBS), Susur Sungai Kalimas, hingga Romokalisari Adventure Land.

"Kalau di Surabaya ada banyak tempat wisata yang baru," kata Cak Eri.

Cak Eri menyatakan Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan sejumlah objek wisata itu tetap bisa dikunjungi masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru. Artinya, objek wisata itu dibuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Pemkot Surabaya siapkan Pasar Bong jadi wisata belanja malam

Menurut dia, pada saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pengunjung yang datang ke objek wisata tak hanya dari Surabaya, melainkan dari berbagai daerah. Oleh sebab itu, pihaknya telah menyiapkan skema untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung di setiap objek wisata tersebut.

"Kalau pengunjung pasti dari luar kota banyak. Makanya kami antisipasi pengunjung dari luar kota. Kalau dulu, yang ramai ada di Kebun Binatang (KBS). Kalau ini pasti akan ramai semuanya, makanya kita antisipasi itu," kata dia.

Sebelumnya, pada Jumat (9/12), wisatawan mancanegara (wisman) kembali berkunjung ke Kota Surabaya menggunakan kapal pesiar. Ratusan wisman ini berkunjung untuk menikmati sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota Pahlawan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati menyampaikan antusias wisman mengunjungi Kota Surabaya masih terlihat dengan dimulai datangnya kapal pesiar. Hal ini juga sangat penting untuk mendorong pemulihan ekonomi di Kota Pahlawan melalui sektor wisata.

Baca juga: Kebun Raya Mangrove Surabaya jadi destinasi wisata edukasi-penelitian

Baca juga: Wisata Air Kalimas berpotensi jadi wisata favorit di Surabaya


"Kami menguatkan lagi destinasi wisata, sehingga semakin stabil secara kualitas. Artinya, kenyamanan, kebersihan, keramahan, dan SDM yang menangani kegiatan ini harus kami kuatkan," kata Wiwiek.

Apalagi, kata Wiwiek, sekarang ini Kota Surabaya memiliki tambahan destinasi wisata baru, di antaranya Tunjungan Romansa, Kya-kya hingga Wisata Susur Sungai Kalimas.

"Upaya kami mempromosikan ini untuk menguatkan kembali jejaring. Di tur operator, kami terus memelihara hubungan kerja sama untuk menawarkan seluruh destinasi di Surabaya," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022