Meskipun saat ini situasi pandemi di Indonesia sudah sangat terkendali, tapi situasi penumpang jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum pandemi, belum seutuhnya kembali normal
Jakarta (ANTARA) - Operator Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, menyatakan bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia yang telah dinyatakan terkendali belum sepenuhnya mengembalikan pergerakan penumpang di momentum libur Natal 2022 ke situasi normal.

"Meskipun saat ini situasi pandemi di Indonesia sudah sangat terkendali, tapi situasi penumpang jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum pandemi, belum seutuhnya kembali normal," kata Koordinator Satuan Pelaksana Terminal Terpadu Pulogebang Wahyu Hidayat kepada ANTARA di Terminal Pulogebang, Ahad.

Ia mengatakan mobilisasi penumpang sebelum masa pandemi bisa sampai 3.000 orang per hari, jumlah tersebut meningkat saat akhir pekan berkisar 4.000 hingga 5.000 penumpang.

Sedangkan pada momentum liburan tahun 2022 ini, jumlah pelaku perjalanan memuncak pada Sabtu (24/12), atau sehari jelang perayaan Natal 2022 mencapai 2.543 orang pengguna jasa.

Mereka diangkut menggunakan 235 unit bus dengan dominasi tujuan mengarah ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Fluktuasi penumpang bergerak naik sejak H-6 Natal atau 16 Desember 2022 mencapai 1.775 penumpang.

"Kalau lihat tabulasi H-6, tren sudah mulai ada peningkatan dibandingkan hari sebelum liburan Natal tahun ini," katanya.

Pada saat sebelum libur Natal 2022, kata Wahyu, kisaran penumpang sekitar 1.000 orang.

Ia mengatakan, tren peningkatan penumpang mulai turun drastis pada siang hari ini berkisar 391 orang penumpang yang diangkut menggunakan 33 unit bus pada pemberangkatan hingga pukul 12.00 WIB.

Operator Terminal Terpadu Pulogebang menjadikan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 24 dan 25 Tahun 2022 tentang pelaku perjalanan dalam dan luar negeri sebagai pedoman bagi penumpang untuk menghindari risiko penularan COVID-19.

Aturan tersebut pada intinya mensyaratkan para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan untuk memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap dan dosis penguat atau booster.

"Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyediakan sentra vaksin di area kedatangan selama Natal dan tahun baru sampai 4 Januari 2022," katanya.

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Terminal Pulogebang mengalokasikan vaksin primer dan booster untuk masyarakat umum dan calon penumpang, demikian Wahyu Hidayat.

Baca juga: Penumpang Terminal Pulogebang stabil jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Terminal Pulogebang kekurangan tenaga medis untuk tes cepat antigen

Baca juga: Penumpang pilih setop bus di luar Terminal Pulogebang

Baca juga: Pengemudi bus tujuan Sumatra di Terminal Pulogebang positif narkoba

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022