Kehadiran kami bukan hanya mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di daerah- daerah, namun juga kami berupaya untuk mengoptimalkan dampak sosial ....
Jakarta (ANTARA) - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII menggandeng Rumah Zakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

Program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Desa Berdaya Karangmukti, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat,  dan Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Baca juga: PT PII raih penghargaan Asean Risk Award 2022

Di Desa Berdaya Karangmukti, Purwakarta, program berfokus ke pemberdayaan perempuan pada UMKM bidang agro (ternak domba) serta kuliner (makanan basah).

Untuk Desa Berdaya Manggungsari, Kendal, program berupa dukungan fasilitas mesin penggiling untuk kebutuhan UMKM petani beras.

Program desa berdaya tersebut dilakukan melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala yang mendorong ke arah kemandirian warga, capacity building, dan ekonomi, sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kehidupan masyarakat.

EVP Corporate Secretary & Communications PT PII Yunan Novaris menyampaikan program ini merupakan bentuk komitmen PT PII dalam mendukung pemberdayaan masyarakat, khususnya di area-area terkait dengan proyek infrastruktur yang didukung oleh perusahaan

“Kehadiran kami bukan hanya mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di daerah- daerah, namun juga kami berupaya untuk mengoptimalkan dampak sosial dan ekonomi di setiap area proyek yang kami dukung, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat untuk terus mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan sumber daya lokal daerah,” kata Yunan.

Baca juga: PUPR - PII berkolaborasi upayakan alternatif pembiayaan infrastruktur

Sementara itu, CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha berharap program ini dapat menciptakan kemandirian masyarakat di di Desa Berdaya Karangmukti, Kabupaten Purwakarta, dan Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal.

Rumah Zakat berharap kerja sama ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat desa.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Mangunsari Eko Basuki menyambut bahagia bantuan tersebut. "Kami merasa bahagia dengan adanya program ini, semoga desa kami lebih berdaya dengan hadirnya program CSR dari PT PII " ujar Eko Basuki.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022