Pasar Eropa tetap relevan, saat kekurangan gas terus berlangsung, dan kita punya banyak peluang untuk melanjutkan pengiriman
Moskow (ANTARA) - Rusia  siap melanjutkan pemasokan gas ke Eropa melalui Jalur Pipa Yamal-Europe, demikian dinyatakan Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak, Minggu (25/12).

"Pasar Eropa tetap relevan, saat kekurangan gas terus berlangsung, dan kita punya banyak peluang untuk melanjutkan pengiriman," kata Novak, seperti dikutip kantor berita negara Rusa, TASS.

"Contohnya, Jalur Pipa Yamal-Europe, yang terhenti karena masalah politik, masih belum digunakan," ujarnya.

Jalur Pipa Yamal-Europe biasanya mengalirkan pasokan ke arah barat.

Baca juga: IEA peringatkan Uni Eropa dapat hadapi kekurangan gas tahun depan

Namun, haluan itu sebagian besar berbalik sejak Desember 2021 karena Polandia tidak mau membeli pasokan dari Rusia dan lebih memanfaatkan gas yang disimpan di Jerman.

Pemerintah Polandia pada Mei memutus perjanjian dengan Rusia setelah menolak tuntutan Moskow agar pembayaran kepada Gazprom dilakukan dengan mata uang Rusia, ruble.

Atas penolakan itu, perusahaan gas milik Rusia tersebut menghentikan pasokan ke Polandia.

Gazprom juga mengatakan sudah tidak bisa lagi mengekspor gas melalui Polandia setelah pemerintah Rusia menerapkan sanksi terhadap perusahaan pemilik bagian Polandia pada jalur pipa Yamal-Europe.

Novak menekankan bahwa Moskow sedang membahas pemasokan gas tambahan melalui Turki setelah sebuah pusat penyaluran didirikan di sana.

Ia juga mengatakan pemerintah Rusia memperkirakan bahwa gas alam cair (LNG) yang dikirimkan ke Eropa sepanjang 2022 mencapai 21 miliar meter kubik (bcm).

"Tahun ini kita akan bisa secara signifikan meningkatkan suplai LNG ke Eropa," kata Novak.

"Dalam 11 bulan selama 2022, ditingkatkan hingga 19,4 bcm. Pada akhir tahun ini, diperkirakan mencapai 21 bcm," katanya, menambahkan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Putin: Rusia akan lawan sanksi dengan ubah arus perdagangan, energi
Baca juga: China akan gantikan Uni Eropa sebagai importir utama gas Rusia

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022