Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan saat merayakan malam pergantian tahun guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Masyarakat diingatkan untuk tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang selama ini berlaku," kata Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menko PMK menambahkan bahwa masyarakat juga diimbau untuk tetap memperhatikan kondisi cuaca dan meningkatkan kehati-hatian.

"Kami mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kehati-hatian dan juga kewaspadaan, mengingat saat ini intensitas curah hujan masih sangat tinggi sehingga perlu diwaspadai dalam kaitan dengan kemungkinan peningkatan potensi bencana hidrometeorologi," katanya.

Sementara itu, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan berbagai upaya dan strategi guna memastikan kelancaran mobilitas masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

"Berbagai langkah sudah dipersiapkan sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo agar perayaan malam pergantian tahun dapat berjalan dengan tertib dan aman," katanya.

Selain itu, Menko PMK menambahkan bahwa pemerintah juga memastikan kelancaran lalu lintas dan kesiapan bahan pokok serta bahan bakar minyak.

"Selebihnya tidak ada kebijakan khusus terkait dengan momentum malam tahun baru, masyarakat dipersilahkan untuk bergembira merayakan malam pergantian tahun, namun yang terpenting masyarakat perlu tetap berhati-hati," katanya.

Dengan peran aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban dan protokol kesehatan, kata dia, diharapkan perayaan malam pergantian tahun dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Menko PMK mengatakan bahwa berdasarkan analisa dan kajian dari Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diperkuat Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri, kondisi COVID-19 saat ini landai, dan berada pada level 1 untuk seluruh Indonesia.

Dengan fakta tersebut, kata dia, maka masyarakat dapat lebih percaya diri menyongsong malam pergantian tahun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Antisipasi COVID-19 saat liburan, jaga prokes terutama di kerumunan
Baca juga: Ma'ruf Amin minta masyarakat jaga prokes saat Natal dan Tahun Baru


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022