Kita sudah mendistribusikan air siap minum dalam galon untuk warga sekitar 1.500 liter, untuk suplai kami masih kesulitan karena masih menunggu alat transportasi agar cepat sampai ke posko pengungsian yang membutuhkan
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) membuka pelayanan air siap minum gratis untuk kebutuhan warga korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, setiap harinya disediakan 10 ribu liter air siap minum yang dapat ditampung dalam kemasan galon.

Koordinator WASH (water, sanitation and hygiene) atau air, sanitasi dan promosi kebersihan, Nanang Kurnia di Cianjur Rabu, mengatakan alat pengolahan air yang dibangun di lokasi Camp WASH PMI sudah berjalan sejak empat hari yang lalu.

"Kita sudah mendistribusikan air siap minum dalam galon untuk warga sekitar 1.500 liter, untuk suplai kami masih kesulitan karena masih menunggu alat transportasi agar cepat sampai ke posko pengungsian yang membutuhkan," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pelayanan air siap minum, warga dapat mengajukan permintaan ke Posko terpadu PMI di Jalan Pangeran Hidayattulah, Kelurahan Sawahgede, Cianjur, selanjutnya akan dikirim relawan yang bertugas sesuai lokasi.

Warga juga dapat datang langsung ke lokasi pengolahan di lokasi kolam renang Tias di Desa Rancagooong, Kecamatan Cilaku, dengan membawa galon air sendiri tanpa dipungut biaya.

Pihaknya menegaskan agar air siap minum tidak dijual belikan karena pelayanan PMI untuk kemanusiaan tidak untuk komersil.

"Kami akan melayani setiap warga yang datang membutuhkan air siap minum sampai tiga bulan ke depan, termasuk untuk kebutuhan air bersih, kami sudah mengandalkan sumber mata air bantuan dari pemilik kolam renang," katanya.

Tercatat hingga hari ke-36 pasca bencana gempa Cianjur, PMI sudah mendistribusikan air bersih mendekati angka 4 juta liter untuk kebutuhan warga di 254 posko pengungsian dan pemukiman yang tidak mendapat suplai air dari PDAM, demikian Nanang Kurnia.

Baca juga: PMI salurkan satu juta liter air bersih untuk pengungsi gempa Cianjur

Baca juga: PMI bangun instalasi pengolahan air bersih siap minum untuk penyintas

Baca juga: PMI dan Kemen-PUPR bantu sanitasi dan pipa air bersih di pengungsian

Baca juga: PMI salurkan air bersih ke pos-pos pengungsian korban gempa di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022