Jakarta (ANTARA) - "Healing" tak hanya identik dengan liburan yang menguras isi dompet. Ada banyak cara untuk melepas penat, semua tergantung pada kreativitas tiap individu.

"Healing" umumnya terkait dengan rasa lelah akibat tuntutan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, ini juga berhubungan dengan budaya "hustle" di mana aktivitas kian padat, sebagian besar waktu didedikasikan untuk bekerja sehingga waktu untuk istirahat berkurang.

Menurut pendiri dan CEO Ganara Art, Tita Djumaryo, menghilangkan stres di rumah bisa dilakukan dengan bermodalkan selembar kertas kosong dan alat tulis seperti spidol.

"Siapkan spidol dan kertas kosong, kalau sedang emosi kita bisa tutup mata dan bikin garis apa pun," kata Tita di pembukaan "Wardah Color Fit Beauty Moves You Art Journey", Ganara Art, Jakarta, Rabu.

Sembari membuat garis-garis di kertas kosong, entah itu dengan spidol, pulpen, pensil, atau bahkan krayon, cobalah untuk melakukannya sembari mengatur napas.

Setelah membuat sebuah garis, tarik napas secara teratur. Lakukan berulang-ulang. Anda juga bisa menorehkan garis secara acak sehingga nantinya membentuk motif abstrak. Trik menghilangkan penat secara mudah ini sering diterapkan oleh Tita di sela rapat daring yang kadang memicu stres.

Seni, kata Tita, selain untuk berekspresi bisa menjadi sarana untuk melepas penat atau "healing". Di tempat yang ia dirikan, misalnya, individu bisa menghilangkan stres dengan cara mengikuti kelas-kelas seni seperti membuat kreasi tanah liat hingga melukis di kain atau kanvas.

Baca juga: Tak selalu buruk, stres dan cemas bisa jadi baik untuk Anda

Baca juga: Manajemen waktu, kunci kebahagiaan ibu rumah tangga

Baca juga: Curhat hingga terapi kejang listrik untuk tangani depresi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022