sudah lama tak melangsungkan konser di tengah hujan
Jakarta (ANTARA) -
Selama sekitar tiga jam grup idola K-pop SEVENTEEN tampil di hadapan para penggemarnya--yang akrab disebut CARAT--dalam konser kali ketiga di tahun ini pada Rabu (28/12) di Indonesia.

Ini menjadi konser luar ruang perdana grup itu di Indonesia dan harus ditemani guyuran hujan sejak lagu pembuka, “HOT”, mereka bawakan.
 
Para CARAT sudah bersiap dengan mengenakan jas hujan sejak memasuki area konser dan tetap di tempat mereka walau hujan sempat turun semakin deras.

Baca juga: Tanpa THE 8, SEVENTEEN buka konser luar ruang perdana di Jakarta
 
Sementara itu, para personel grup ternyata menikmati momen konser di tengah hujan. Mingyu menuturkan ingin semua pengggemar dan rekan-rekannya berbasah-basah hingga akhir konser. Hoshi dan Wonwoo bahkan mengatakan konser penutup [BE THE SUN] itu akan menjadi kenangan yang luar biasa bagi mereka.
 
Hoshi sembari bercanda sempat bertanya pukul berapa saat itu dan berniat menikmati acara. Dia mengatakan lantai saat itu licin, namun dia dan tim berusaha tampil baik. Hal senada diungkapkan Vernon, S.Coups dan Seungkwan. S.Coups mengatakan ingin melakukan hal seru bersama CARAT di tengah hujan.
 
Personel lainnya, Jun, memuji energi dan semangat penggemar. Mereka bernyanyi bersama para idola, memanggil nama idola mereka hingga bereaksi melihat tingkah para idola salah satunya kala mengibaskan rambut yang basah terkena air hujan.

Dia yakin konser berlangsung luar biasa hingga akhir walau hujan seakan tak mau berhenti.
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "SEVENTEEN WORLD TOUR [BE THE SUN] - JAKARTA" di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (28/12/2022) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Jeonghan mengatakan sudah lama tak melangsungkan konser di tengah hujan. Dia teringat ucapannya tentang menggelar konser saat hujan dan harapan itu terwujud. Pria yang beberapa kali memanjangkan rambutnya itu mengaku senang dapat berbasah-basah ria bersama penggemar dan berharap ini menjadi kenangan yang indah.

Baca juga: The8 dipastikan absen dari konser SEVENTEEN di Jakarta
 
Hujan nyatanya tak kunjung berhenti, namun SEVENTEEN terus melanjutkan penampilan. Satu per satu lagu yang masuk dalam daftar konser [BE THE SUN] mereka hadirkan antara lain “March”, “HIT”, “Rock with you”, “2 MINUS 1”, “MOONWALKER”, “Wave”, “Come to me”, “Imperfect love”, “GAM3 BO1”, “Back it up”, “Mansae”, “Left & Right”, “VERY NICE”, “Crush”, “_WORLD”, “Darl+ing”, “Snap Shoot” dan “Our dawn is hotter than day”.
 
Vernon bahkan membawakan beberapa baris lirik mixtape solo pertamanya yakni "Black Eye". Dia menyanyikan "So show me a way out. Wake me up from this nightmare, please. I can't stand this reality. I'm on my worst behavior. How you like me now?. Put a muzzle on me. I'll spit in your mouth. Wake me up from this nightmare, please. I'm scarred and bruised with black eyed face".
 
"Black Eye" merupakan lagu pop-punk yang memadukan vokal, kasual dan suara band, yang dirilis pada 23 Desember lalu.
Vernon SEVENTEEN dalam gelaran konser "SEVENTEEN WORLD TOUR [BE THE SUN] - JAKARTA" di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (28/12/2022) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
S.Coups SEVENTEEN dalam gelaran konser "SEVENTEEN WORLD TOUR [BE THE SUN] - JAKARTA" di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (28/12/2022) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Para personel grup juga menyanyikan sebaris dua baris lirik sejumlah lagu yang tak sempat dibawakan malam itu antara lain “Smile Flower", "To you", "CLAP", "Home", "Pinwheel", "Ready to Love", "IF you leave me", dan "Still Lonely".

Baca juga: Jelang konser, Vernon SEVENTEEN unjuk sisi tangguh lewat "Black Eye"
 
Joshua Hong mendapatkan ucapan selamat hari jadi dari penggemar. Dia berterima kasih atas ucapan itu dan berharap penggemar dapat melalui hari-hari dengan luar biasa. Menurut catatan, pria bernama lengkap Joshua Hong itu berulang tahun pada 30 Desember.
 
Konser malam itu memang terasa tak lengkap karena THE 8 absen akibat mengalami masalah kesehatan. DK sempat meminta penggemar memanggil nama THE 8 keras-keras. Walau menyayangkan ketidakhadiran THE 8, dia berdoa agar sang rekan segera pulih sehingga dapat kembali bergabung dalam konser mendatang.
 
Berakhirnya penampilan mereka di Jakarta malam itu menandai selesainya rangkaian konser [BE THE SUN] yang telah berlangsung hampir enam bulan. Oranye menjadi tema warna rangkaian tur konser dunia ketiga grup yang dimulai di Seoul, Korea Selatan pada Juni 2022.
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "SEVENTEEN WORLD TOUR [BE THE SUN] - JAKARTA" di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (28/12/2022) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Sejumlah negara yang mereka sambangi selama tur kali ini selain Indonesia antara lain Thailand, Amerika Serikat, Kanada, Filipina, Singapura dan Jepang. Dino sempat tidak berpartisipasi dalam pertunjukan di Houston karena positif COVID-19, begitu juga dengan Mingyu. Sementara itu, Joshua dan Hoshi absen dalam konser di Washington DC dan Atlanta karena penyebab yang sama.

Baca juga: SEVENTEEN & Kep1er menangkan penghargaan Japan Record Awards
 
Mengenai tur konser, Mingyu mengaku sangat bahagia khususnya dalam enam bulan terakhir. Dia meminta para penggemar menunggu dengan sabar konser SEVENTEEN mendatang. Dia juga berterima kasih kepada para CARAT yang telah hadir.
 
Wonwoo berjanji akan kembali ke Indonesia dengan gelaran konser yang luar biasa. Dino puas karena rangkaian konser bisa dilalui dengan baik. Dia berjanji akan terus memberikan performa terbaik di masa depan dan meminta dukungan CARAT.
 
Seperti biasanya, “VERY NICE” yang dibawakan berkali-kali pada bagian chorus menjadi tanda pamitnya grup dari hadapan penonton. Dalam konser di Jakarta pada Rabu malam tadi, setidaknya 10 kali SEVENTEEN membawakan salah satu lagu dalam album “Love & Letter” yang dirilis tahun 2016 itu.

Baca juga: SEVENTEEN tampil di tengah hujan, ini pesan DK & Vernon untuk CARAT

Baca juga: Vernon SEVENTEEN bawakan langsung mixtape solo di konser Jakarta

Baca juga: Vernon SEVENTEEN bawakan langsung mixtape solo di konser Jakarta

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022