Jakarta (ANTARA) - Setelah dua tahun lamanya semua kegiatan menjadi serba terbatas akibat pandemi COVID-19, tahun ini masyarakat bisa lebih leluasa untuk beraktivitas termasuk mendatangi festival musik.

Tahun 2022 pun tampaknya telah menjadi tahunnya festival musik. Tak hanya festival musik besar yang memang rutin digelar sejak sebelum pandemi, festival musik dengan nama baru juga banyak bermunculan.

Berikut ini, ANTARA merangkum deretan festival musik yang digelar sepanjang 2022.

Baca juga: Kaleidoskop - Lima fenomena mendadak jadi artis di 2022

Joyland Festival

Joyland Festival digelar pada 25-27 Maret di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali, dan 4-6 November di Stadion Softball GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

Di Bali, festival ini diisi oleh Maliq & D'Essentials, Raisa, Kunto Aji, Isyana Sarasvati, Pamungkas, Danilla, The Adams, The Sigit, Diskoria, Nadin Amizah, Basboi, The Panturas, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di Jakarta diisi oleh Afgan, HiVi!, Monita Tahalea, Seringai, Endah N Rhesa, JKT48, Tulus, Efek Rumah Kaca, Yura Yunita, RAN, girlband K-Pop Secret Numbers, dan beberapa musisi yang sebelumnya tampil di Bali.

Baca juga: Kaleidoskop - Kuliner yang digandrungi sepanjang 2022

Pestapora

Pestapora menggelar festival pertamanya pada 23-25 September 2022 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, dengan deretan line up mulai dari Ahmad Dhani Electric Band, Inul Daratista, Vierratale, Slank, Kunto Aji, Raisa, Barasuara, Tiara Andini, JKT48, D'Masiv, RAN, Isyana Sarasvati, Mocca, hingga The Changcuters.

We The Fest

Tahun ini, We The Fest yang merupakan festival musik dan pop culture terbesar di Asia Tenggara itu digelar pada 23-25 September di GBK Sports Complex, Senayan, Jakarta Pusat, dan diisi oleh Jackson Wang, CL, Pink Sweats, Swae Lee, Afgan, Ardhito Pramono, Teddy Adhitya, Offset CL, Dipha Barus, Basboi, Oslo Ibrahim, hingga Vidi Aldiano.

Synchronize Festival

Synchronize Festival merupakan festival musik tahunan yang menghadirkan artis multi genre. Tahun ini, festival tersebut digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 7-9 Oktober, dengan line up mulai dari Andien, .Feast, Sal Priadi, Souljah, Burgerkill, The Rain, Mocca, Voice of Baceprot, Kahita, NTRL, Tipe-X, hingga Yura Yunita.

Baca juga: Hal-hal yang paling viral sepanjang 2020

Berdendang Bergoyang

Festival musik yang satu ini cukup banyak dibicarakan di media sosial. Awalnya, Berdendang Bergoyang digelar di Istora Senayan, Jakarta, selama tiga hari yakni 28-30 Oktober, namun penyelenggaraan di hari ketiga terpaksa dibatalkan sebab polisi mencabut izin karena jumlah penonton melebihi kapasitas di hari sebelumnya.

Adapun musisi yang tampil di festival musik tersebut mulai dari Rizky Febian, Armada Band, Jamrud, Pamungkas, Hindia, Mahalini, Andien, Ungu, Kahitna, hingga The Changcuters.

Soundrenaline

Tahun ini, Soundrenaline menyelenggarakan festival ke-18 di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, pada 26-27 November 2022.

Musisi yang mengisi festival ini adalah Weezer, Hollow Coves, Clean Bandit, American Authors, Secondhand Serenade, hingga Stacey Ryan. Sedangkan musisi lokal yang tampil mulai dari Rocket Rockers, Seringai, Feel Koplo, D'Cinnamons, Isyana Sarasvati, Stars and Rabbit, hingga The Upstairs.

Head in The Clouds

Head in The Clouds merupakan festival musik yang digelar oleh label musik 88rising yang menaungi musisi-musisi berbakat dari Asia agar dapat berkarir di Amerika Serikat.

Digelar pada 3-4 Desember 2022 di Community Park PIK 2, Jakarta Utara, Head in The Clouds menghadirkan NIKI, Rich Brian, Stephanie Poetri, (G)I-DLE, JOJI, hingga Jackson Wang.

Djakarta Warehouse Project (DWP)

Sebagai salah satu festival musik besar, DWP kembali tahun ini d JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 9-11 Desember dengan menghadirkan sejumlah disjoki (DJ) lokal hingga mancanegara seperti Martin Garrix, DJ Snake, hingga Zedd.


Baca juga: Para koki penuh kreasi sepanjang 2021

Baca juga: 5 jenis produk kecantikan yang banyak diminati sepanjang tahun 2021

Baca juga: 12 pesohor tanah air yang menikah sepanjang 2021

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022