Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bukan menteri dari Gerindra.

Menurut dia, Sandiaga Uno dapat menjadi menteri karena berasal dari kalangan profesional.

"Dia (Sandiaga Uno) bukan menteri dari Partai Gerindra. Pak Jokowi menempatkan dia (Sandiaga) dari kalangan profesional," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Karena itu dia mengatakan jika Sandiaga Uno pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP), maka tidak akan mempengaruhi pos-pos Partai Gerindra di Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Sandiaga Uno siap jadi capres, tetapi terus koordinasi dengan Prabowo

Baca juga: Sandiaga jawab desakan mundur terhadap dirinya dari Partai Gerindra


Dasco menjelaskan komposisi kabinet yang berasal dari Partai Gerindra adalah Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Menteri yang berasal dari Partai Gerindra hanya dua yaitu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujarnya.

Terkait apakah akan ada perombakan kabinet setelah kepindahan Sandiaga Uno ke PPP, Dasco menyerahkan urusan tersebut ke Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Sufmi Dasco ingatkan Sandiaga soal etika politik

Menurut dia, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden sehingga menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

Sebelumnya, Dasco mengungkapkan bahwa Sandiaga Uno akan pindah ke PPP. Namun, dia menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada surat pengunduran diri dari Sandiaga Uno.

"Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan (Sandiaga)," ucap Dasco.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022