Kami pastikan Kilang Balongan dalam kondisi operasional yang baik dan produksi juga lancar aman terkendali
Indramayu, Jawa Barat (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memastikan produksi bahan bakar minyak (BBM) terjaga dengan kapasitas pengolahan kilang saat ini mencapai 150 ribu barel per hari.

"Kami pastikan Kilang Balongan dalam kondisi operasional yang baik dan produksi juga lancar aman terkendali," kata General Manager KPI Balongan Diandoro Arifian melalui pesan tertulisnya di Indramayu, Jawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan saat ini kapasitas pengolahan kilang setelah selesai proyek pengembangan meningkat, di mana sebelumnya produksi sebesar 125 ribu barel per hari, kini menjadi 150 ribu barel per hari.

Dengan produksi yang memadai itu, lanjut Diandoro, maka dapat dipastikan ketersediaan BBM termasuk avtur pada akhir tahun tercukupi dan terjaga, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kilang Pertamina Balongan tidak hanya fokus dalam menjaga ketersediaan BBM, namun avtur juga menjadi prioritas produksi selama momen liburan," tuturnya.

Menurutnya, peningkatan produksi itu tidak terlepas dari keberhasilan pelaksanaan major turn around atau proyek pemeliharaan kilang, penyelesaian proyek RDMP Fase 1 yang membuat kapasitas pengolahan kilang naik menjadi 150 ribu barel per hari, dan kesuksesan proyek Revitalisasi Unit RCC.

Diandoro menambahkan selama periode Natal dan Tahun Baru, aspek keamanan juga lebih diperketat melalui menambahkan pos-pos penjagaan dengan bantuan pengamanan dari pihak TNI dan Polri.

"Selama momen Natal dan Tahun Baru, kami mendapatkan bantuan keamanan dari TNI serta Polri, sehingga diharapkan keamanan semakin kuat," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Taufik Aditiyawarman mengatakan kinerja produksi Kilang Pertamina Balongan menunjukkan tren positif hingga akhir November 2022 sehingga menghasilkan profit sebesar 237 juta dolar AS.

Ia juga memastikan operasional Kilang Balongan dalam memenuhi kebutuhan energi dalam negeri jelang pergantian tahun sangat aman.

"Kilang RU VI Balongan juga merupakan kilang terbaik dari aspek efisiensi energi," katanya.

Baca juga: Kilang Pertamina Internasional sabet empat Proper Emas 2022
Baca juga: Kilang Cilacap pastikan produksi BBM tetap aman jelang Tahun Baru 2023
Baca juga: Pertamina: Modifikasi kilang tingkatkan produksi BBM ramah lingkungan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022