Jakarta (ANTARA) - Liburan bersama keluarga tidak harus menggunakan mobil berkapasitas tujuh hingga delapan penumpang, sebab dengan memakai city car Anda pun bisa menikmati perjalanan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Pada 27-29 Desember, ANTARA menggunakan Suzuki New Ignis tipe AGS untuk berlibur bersama keluarga. Di luar ekspektasi, mobil berkapasitas lima penumpang itu mampu menuntaskan berbagai kebutuhan mobilitas selama liburan.

New Ignis yang tampil dengan desain grille baru itu bisa memberikan performa mesin yang instan berkat dapur pacu berkapasitas berkapasitas 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 83 PS serta torsi 113 Nm.

Meski bukan terbesar di kelasnya, namun paket mesin dan transmisi AGS (Auto Gear Shift) yang ditawarkan sudah lebih dari cukup untuk membawa mobil berdesain mini crossover itu melibas perjalanan dari Jakarta ke Bandung tanpa hambatan.

Nilai tambah dari kinerja mesin Ignis adalah konsumsi bahan bakar (BBM) yang terhitung sangat hemat di kelasnya.

Dengan satu liter bensin, Ignis bisa melenggang sejauh 19,2 km/liter berdasarkan data pada layar multi-information display (MID) dalam kondisi lalu lintas padat.

Lain halnya ketika mobil itu dibawa pada jalanan lancar dengan kecepatan rata-rata 110 km/jam, keiritannya bisa mencapai 25,3 km/liter. Hasil itu diraih dengan AC yang hidup dan terisi empat orang penumpang.

Manuver dan Handling
Dimensi kompak Suzuki New Ignis (ANTARA/HO)


New Ignis hadir dalam dimensi 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm, menggunakan mesin K12M, 4 silinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc. Meski mungil, mobil itu menghasilkan tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Suzuki sebut pasar "city car" potensial, siap-siap hadirkan S-Presso?

Dimensi itu sangat pas untuk melaju di jalanan perkotaan yang macet, keluar-masuk jalanan perdesaan yang sempit, di tambah desain bodi yang kompak dan ground clereance setinggi 180 mm yang membuat Ignis tidak takut pada jalanan yang tidak rata atau berbatu ringan.

Radius putar Ignis mencapai 4,7 meter yang membuat mobil ini mudah diajak memutar balik di jalanan yang sempit. Ukurannya yang ringkas juga membuat mobil ini sangat mudah untuk mencari titik parkir di kepadatan.

Ketika diajak melaju, suspensi MacPherson strut dengan coil spring di depan serta torsion beam dengan coil spring di belakang memang memberikan bantingan yang "agak keras", namun hal itu terkompensasi dengan kestabilan mobil saat berkecepatan tinggi dan tetap nyaman saat melintasi jalanan tak rata.

Ignis juga memiliki ruang kabin yang kedap, nyaris tidak ada suara gesekan aspal dengan ban yang masuk ke dalam ruang kemudi. Saat melintasi speed bump juga tidak terdengar bunyi "gruduk" dari bagian bawah.

Fitur
Bagasi Suzuki New Ignis (ANTARA/HO)


Meskipun terlihat kecil, namun jangan remehkan kemampuan Ignis untuk mengakomodir barang bawaan Anda. Mobil pesaing Honda Brio, Daihatsu Sirion dan Kia Picanto itu memiliki ruang 160 liter yang muat dimasuki berbagai perlengkapan liburan, termasuk sepeda anak atau sepeda lipat.

Untuk keluarga kecil, bagasi Ignis cukup untuk memuat stroller bayi, berbagai tas dan galon air mineral.

Untuk visibilitas, New Ignis bisa dikatakan memiliki lampu DRL berbentuk bulat ikonis yang paling terang di kelasnya. Adapun lampu utama LED Proyektor mampu memberikan penerangan maksimal dengan level ketinggian yang disesuaikan, sekaligus lebih hemat daya.

Urusan keselamatan tak boleh diremehkan, untuk itu Suzuki membekali New Ignis dengan sensor parkir, electric retractable mirror, dual SRS Airbag, ABS (Anti-Lock Breaking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution) sebagai fitur standar.

Laman resmi Suzuki Indonesia menyebutkan bahwa harga GX MT NEW IGNIS Rp207.200.000 sedangkan tipe GX AGS Rp217.500.000 berstatus on the road DKI Jakarta.

Baca juga: Jajal performa Innova Zenix di Tol Trans Jawa hingga pegunungan Kopeng

Baca juga: HPM hadirkan program "test drive" berhadiah selama GIIAS 2022

Baca juga: Wuling tawarkan promo dan sediakan Cortez baru untuk "test drive"
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022