Jakarta (ANTARA) - Pelatih Indonesia Patriots Milos Pejic memuji mental bertanding anak-anak asuhnya setelah menjalani beberapa kali uji coba melawan klub lain dalam menghadapi liga bola basket Indonesia IBL 2023.

Pada Kamis, Julian Chalias dkk menjajal kekuatan Dewa United. Scrimmage game ketujuh yang berlangsung di Aim High Stadium itu berakhir dengan skor 79-73 untuk kemenangan Indonesia Patriots.

Pejic mengapresiasi kerja keras anak-anak didiknya. Menurut dia, para pemain menunjukkan progres yang meningkat terutama soal mental bertanding. Para pemain juga dinilai memiliki semangat juang yang tinggi dan percaya diri berhadapan dengan siapapun.

"Tim ini memiliki mental bagus. Para pemain berani, tidak minder atau takut menghadapi lawan siapapun. Tentu kami ada kalahnya juga. Seperti kemarin kami sempat kalah sampai 20 poin tapi saat ini saya terkesan dengan semangat pemain hingga pertandingan berakhir seperti ini,” ujar Pejic dikutip dari laman resmi PP Perbasi di Jakarta, Kamis.

Pejic menjelaskan bahwa uji coba yang disusun merupakan kesempatan bagi para pemain agar lebih siap menghadapi kompetisi IBL 2023 apalagi mayoritas pemain belum pernah merasakan atmosfer level pertandingan seperti IBL.

Dari 13 nama yang tergabung di Patriots, hanya ada enam pemain yang pernah merasakan bermain bersama Patriots di IBL musim lalu. Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, Daniel Salamena, Andrew Lensun, dan Gede Elgi Wimbardi.

Baca juga: Milos Pejic senang dengan perkembangan pemain Indonesia Patriots

Sementara itu lainnya adalah debutan, seperti Ida Bagus Ananta Wisnu Putra, Karl Patrick Gloria, Mohammed Aymane Garudi Arip, Rafael Pasha, Justin Jaya Wiyanto, Erick Ibrahim Junior, dan Greans Chandra Tangkulung.

"Kami mulai latihan dari kondisi yang benar-benar baru. Hanya Dame Diagne starting five musim lalu yang ada di tim saat ini. Kini tim ini sudah alami banyak perkembangan dari setiap gim dan sekarang semua menjadi lebih baik," kata pelatih asal Serbia itu.

Scrimmage game melawan Dewa United adalah partai ketujuh dalam program uji coba Patriots menatap IBL 2023. Sebelumnya, mereka telah menjalani uji coba melawan Rans PIK Basketball, Evos Thunder, Amartha Hangtuah, Bumi Borneo, Tangerang Hawks Basketball, dan Satria Muda Jakarta.

Dia menjelaskan, scrimmage game melawan Dewa United menjadi uji coba penutup untuk tahun ini. Usai pergantian tahun, Patriots rencanannya akan memainkan tiga uji coba lagi.

"Mereka mengalami perkembangan di setiap gim. Kami masih punya rencana tiga uji coba lagi setelah tahun baru. Namun dari keseluruhan game, para pemain mengalami peningkatan bagus," tutup dia.

Baca juga: Jamarr Johnson dipastikan tak lagi berseragam Dewa United di IBL 2023
Baca juga: Prawira Bandung bawa optimisme juara di IBL 2023
Baca juga: Arena Piala Dunia FIBA diharapkan bisa dipakai untuk IBL 2023

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022