Jakarta (ANTARA) - Platform media sosial berbagi video pendek dari Kuaishou Technology, SnackVideo, akan kembali menayangkan program reguler dengan membawa kembali nuansa sinetron ke dalam tayangan video berdurasi pendek yang disebut SinetronSnack.

SinetronSnack rencananya akan kembali hadir di beranda aplikasi SnackVideo pada pertengahan Januari 2023.

SnackVideo dalam keterangannya pada Jumat juga menjelaskan bahwa platform ini juga menggandeng sejumlah artis sinetron papan atas seperti Meriam Belina, Afdhal Yusman, dan Megan Domani. Ketiganya akan berperan dalam cerita yang berbeda.

SnackVideo memilih tiga artis ini karena percaya mereka dapat mewakili tiga generasi yang berbeda, seperti Meriam Belina yang tenar di kalangan penonton berusia lanjut, Afdhal Yusman yang berada di kalangan penonton berusia dewasa, serta Megan Domani yang mewakili penonton anak muda sekarang.

Melalui dukungan tersebut, para kreator muda dapat memiliki kesempatan pengalaman berkolaborasi dengan pemain berkualitas dan berkelas. Bahkan bukan tidak mungkin, sang bintang memberikan masukan bermanfaat dan tambahan ilmu perfilmannya kepada sutradara-sutradara muda.

"Kami berencana bring back the golden era of sinetron dengan konsep yang berbeda. Kalau dengar kata sinetron, pasti easy, renyah, dan disukai orang Indonesia. Nah, ini yang mau kita highlight," kata Heads of Operations SnackVideo Indonesia Yugo Prabowo.

Yugo menambahkan bahwa menonton sinetron sekarang jadi lebih mudah, tidak harus di televisi dan menunggu lama untuk episode baru, dan dahulu kerap selalu terpotong iklan.

"Di SinetronSnack, pengguna SnackVideo bisa nonton drama yang mereka mau kapan pun dan di mana pun,” kata Yugo.

SnackVideo mengungkapkan bahwa drama merupakan kategori yang paling banyak disukai sejak awal, bahkan sebelumnya pun kategori ini punya program tersendiri dengan nama SnackSeries.

Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata kebanyakan penonton Indonesia tidak menyukai konsep episodik, dan lebih menginginkan tontonan singkat sekali habis. Itulah yang melandasi pergantian nama program menjadi SinetronSnack dengan variasi durasi sekitar 150 detik hingga 3 menit per cerita.

"Film pendek sudah ada industrinya, tapi dengan konsep yang seperti kami tawarkan saat ini masih langka,” kata Yugo.

Baca juga: SnackVideo rilis mini series, rayakan Piala Dunia Qatar 2022

Baca juga: SnackVideo gelar Creators Camp untuk dukung para pembuat konten

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022