bisa saja nanti antara tanggal 3 Januari atau 4 Januari 2023 arus baliknya
Jakarta (ANTARA) - Pihak Terminal Bus Kalideres Jakarta Barat memprediksikan arus balik penumpang usai libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 terjadi pada 2-4 Januari dini hari.

"Arus balik itu diperkirakan paling cepat itu tanggal 2 Januari 2023 dini hari atau hari Senin karena kan kebanyakan masuk kerja," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di Jakarta Jumat.

Baca juga: Penumpang masih padati Terminal Kalideres

Meski demikian, kata Revi, arus balik akan terus terjadi dan kemungkinan kedatangan tertinggi di Terminal Kalideres juga diprediksi akan terjadi antara Selasa (3/1) malam atau Rabu (4/1) dini hari karena beberapa perusahaan memberlakukan libur lebih panjang pada karyawannya.

"Saya dapat informasi karena banyak perusahaan yang libur tanggal 2 Januari dan 3 Januari, bisa saja nanti antara tanggal 3 Januari atau 4 Januari 2023 arus baliknya," ujar Revi.

Untuk kedatangan penumpang di Kalideres sejauh ini, kata Revi berada pada kisaran 180 hingga 250 orang per hari selama periode libur natal dan tahun baru antara 19-29 Desember 2022.

Baca juga: Penumpang dari Terminal Kalideres menurun saat Natal

Jumlah penumpang yang datang tersebut, diangkut oleh sekitar 85 sampai 120 unit bus dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) yang beroperasi di Terminal Kalideres.

Meski arus balik diperkirakan sampai 4 Januari 2023, Revi menyebut operasi pengamanan gabungan di Terminal Kalideres akan berakhir sampai 3 Januari 2023. Namun diharapkan keamanan di Kalideres akan terjaga sampai berakhirnya periode arus mudik dan balik.

"Untuk keamanan di Kalideres sejauh ini kondusif dan tidak ada yang menonjol. Semoga sampai periode arus mudik dan balik akan terus terjaga kondusifitas ini," ucap Revi menambahkan.

Baca juga: Terminal Kalideres sediakan tiga posko kesehatan Natal dan tahun baru

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022