Total bisa sampai 500 personel lebih yang terlibat
Jakarta (ANTARA) - Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Jakarta menurunkan kekuatan maksimal untuk memberikan rasa nyaman, aman hingga keindahan bagi pengunjung di kawasan bersejarah tersebut untuk periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala UPK Kota Tua Dedy Tarmizi di Jakarta, Jumat, menyebutkan bahwa pihaknya menurunkan seluruh petugas kebersihan sekitar 54 orang dan juga petugas keamanan sekitar 100 orang untuk menjaga kebersihan dan keamanan di Kota Tua.

"Seluruh petugas yang ada di Kota Tua sebanyak 150 orang untuk menjaga keamanan dan kebersihan di kawasan. Itu pun di luar bantuan dari berbagai pihak," kata Dedy.

Dedy menyebutkan bahwa pihaknya juga mendapat bantuan tambahan personel dari berbagai pihak yakni unsur TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta PPSU dari seluruh kelurahan di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

"Total bisa sampai 500 personel lebih yang terlibat untuk menciptakan kenyamanan dan rasa aman bagi pengunjung," kata Dedy.

Baca juga: Kota Tua dipadati pengunjung saat liburan jelang Tahun Baru 2023

Personel gabungan tersebut, kata Dedy, akan disiagakan di Kota Tua sampai puncak perayaan Tahun Baru 2023 yakni sekitar pukul 01.00 WIB tanggal 1 Januari 2023.

Dedy juga menerangkan bahwa pengunjung pada periode liburan, termasuk Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, mengalami lonjakan karena periode ini pengunjung per hari bisa mencapai 15 ribu orang, sementara pada hari biasa di kisaran 10 ribu orang.

"Meski demikian, kami siap, petugas kebersihan setiap dua jam diinstruksikan untuk melakukan tugasnya. Kemudian juga di sini tidak boleh ada penyalaan kembang api, petasan atau mercon. Jika ada kami akan tegur," katanya. 

Pemprov DKI Jakarta memang tidak menjadikan Kota Tua Jakarta sebagai pusat dari perayaan Tahun Baru 2023.

Pemprov akan menggelar perayaan tersebut di beberapa titik yakni di sepanjang Sudirman-Thamrin dengan tujuh panggung pertunjukan dan pusatnya ada di TMII.

Baca juga: Polda Metro sekat pintu masuk Jakarta pada malam tahun baru

Sementara, lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta juga melaksanakan perayaan tahun baru di masing-masing lokasi terpilih.

Acara perayaan Tahun Baru di Jakarta Pusat digelar di Thamrin 10, sementara acara di Jakarta Utara dan Jakarta Barat berlangsung di kantor wali kota masing-masing.

Jakarta Selatan memutuskan menggelar acara Tahun Baru 2023 di Setu Babakan, sedangkan perayaan Jakarta Timur dilaksanakan di Old Shanghai Cakung, sedangkan Kepulauan Seribu menggelar perayaan di Pulau Untung Jawa.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022