Jakarta (ANTARA) - Program Desa Devisa Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank di Kabupaten Subang, Jawa Barat, berhasil mengekspor komoditas unggulan kopi Robusta dengan volume 19,2 ton ke Mesir.

Selain itu, Desa Devisa di Subang juga memiliki komoditas unggulan lain, yaitu kopi Arabika yang telah berhasil diekspor sebanyak 18 ton ke Arab Saudi pada 2021 lalu, sebagaimana keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Adapun, komoditas kopi dibudidayakan oleh 208 petani di bawah naungan Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah yang tersebar di enam desa, yaitu Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti, dan Pasanggrahan.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Gerald Grisanto menyampaikan sejak adanya pendampingan dan pelatihan oleh LPEI kepada para petani kopi di Subang, jumlah pendapatan desa meningkat 60 persen dari sebelumnya.

“LPEI sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI terus membuka lebar potensi ekspor komoditas unggulan daerah melalui program Desa Devisa. Melalui program ini, kami berkomitmen mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan hingga menciptakan kepastian hasil panen bagi petani,” ujar Gerald.

Ia melanjutkan, program Desa Devisa telah disesuaikan dengan kebutuhan para petani kopi di Subang beserta koperasi dalam mengelola lahan produksi dan menjalankan bisnisnya.

“Pendampingan Desa Devisa Kopi Subang difokuskan pada tiga aspek, yaitu akses pasar, kapasitas produksi, dan pencatatan keuangan,” ujar Gerald.

Dia berharap pelatihan yang diberikan dapat memperluas akses pasar ekspor, meningkatkan kemampuan budidaya dan pengolahan tanaman kopi, serta menyempurnakan prosedur penyusunan laporan keuangan.

Ke depan, LPEI akan memberi kesempatan bagi wilayah yang memiliki produk unggulan berorientasi ekspor untuk mengembangkan potensi secara ekonomi, sosial dan lingkungan bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Sebagai bentuk dukungan untuk mendorong ekspor nasional, LPEI senantiasa berupaya secara optimal dalam memberikan pendampingan secara berkelanjutan melalui program Desa Devisa pada daerah dengan komoditas potensi ekspor. Kami harap Desa Devisa Kopi di Subang dapat menjalankan ekspor selanjutnya dengan segera,” ujar Gerald.

Baca juga: Temanggung ekspor kopi ke sejumlah negara
Baca juga: BNI cetak KUR klaster kopi go global
Baca juga: Kemendes dorong petani kopi Aceh Tengah untuk hilirisasi produk


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022