Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan nelayan di Desa Wisata Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, sudah bertransformasi menjadi pelaku pariwisata diving yang sudah memiliki sertifikat.

“Ini akan kita sentuh dengan lebih banyak pelatihan pendampingan kerja sama dengan komunitas," kata Menparekraf saat meninjau desa wisata tersebut lewat keterangan resmi, Jakarta, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengapresiasi eksistensi Desa Wisata Bangsring (Bangsring Underwater) yang menghadirkan daya tarik wisata berbasis edukasi sekaligus konservasi. Dalam pengelolaannya, lanjut dia, sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat.

Desa wisata itu, ujar dia, menawarkan pantai dengan hamparan pasir hitam dan pemandangan Selat Bali sebagai daya tarik wisata.
Baca juga: Pelindo kembangkan desa wisata untuk turis lokal dan mancanegara

Lebih lanjut, dia juga menyeberang ke Rumah Apung di mana wisatawan dapat beraktivitas memberi makan ikan di laut sekaligus menanam terumbu karang sebagai upaya penguatan keberlanjutan lingkungan.

“Bangsring Underwater (Bunder) merupakan obyek wisata bahari berbasis edukasi dan konservasi seperti penanaman terumbu karang, konservasi pantai, penanaman mangrove, dan pembuatan terumbu karang buatan. Seluruh kegiatan itu diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, sehingga berdampak pada ekonomi masyarakat di sekitar Desa Wisata Bangsring,” ungkap Sandiaga.
Baca juga: Kemenkominfo perkuat digitalisasi desa wisata di Manggarai Timur

Pihaknya disebut bakal mendukung pariwisata di Desa Wisata Bangsring melalui pelbagai program dukungan pengembangan desa wisata. Mulai dari program BetiDewi (Beli Kreatif Desa Wisata) dan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia), serta pendukungan ekonomi kreatif melalui fasilitasi pelaku kreatif, fasilitasi kekayaan intelektual, AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia), planogram, dan onboarding pelaku ekonomi kreatif ke marketplace.

"Desa Wisata Bangsring ini kita harapkan dapat semakin menjadi juara sehingga kita harapkan masyarakat semakin termotivasi. Inilah esensi dari kehadiran sektor yang membantu meningkatkan penghasilan masyarakat, dan harapannya dengan kerja sama kita, kolaborasi kita, Desa Wisata Bangsring jadi penopang desa wisata berbasis edukasi dan konservasi,” ucap Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf akan tingkatkan kecakapan komunikasi di Desa Wisata Sade

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022