Manila, Filipina (ANTARA) - Lagu dangdut berbahasa Jawa "Ojo Dibandingke" mengiringi latihan perdana tim nasional Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu, dua hari sebelum laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 kontra kesebelasan tuan rumah.

Lantunan lirik "Wong ko ngene kok dibanding-bandingke" dari tembang ciptaan Abah Lala itu terdengar di Rizal Memorial seiring persiapan perayaan malam Tahun Baru oleh warga Manila.

Akan tetapi, konsentrasi para pemain timnas Indonesia tidak terganggu dengan lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi cilik Farel Prayoga tersebut.

Skuad asuhan juru taktik Shin Tae-yong tetap serius melakukan semua yang diinstruksikan. Latihan itu dimulai pukul 19.30 waktu Filipina dan berakhir sekitar 1,5 jam setelahnya.

Baca juga: Manajer Timnas Indonesia: Mental pemain dijaga secara khusus

Shin memulai aktivitas tersebut dengan latihan fisik ringan. Setelah itu, Ilija Spasojevic dkk terlihat melakukan operan-operan pendek, lalu dilanjutkan ke materi taktik.

Semua pemain timnas mengikuti latihan tersebut termasuk bek tengah Jordi Amat yang akan absen dari pertandingan versus Filipina karena terkena akumulasi kartu kuning.

Pertandingan pamungkas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar pada pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Partai itu penting bagi Indonesia, yang saat ini menempati posisi kedua klasemen Grup A karena tertinggal selisih gol dibandingkan Thailand, meski kedua tim sama-sama memiliki tujuh poin.

Pasalnya, Indonesia bakal melangkah ke semifinal apabila memperoleh setidaknya hasil imbang melawan Filipina. Lebih lanjut, tim besutan Shin juga berpeluang jadi juara Grup A bila menang dan hasil laga lain antara Thailand kontra Kamboja menguntungkan.

Baca juga: Indra Sjafri tegaskan Indonesia incar posisi juara Grup A Piala AFF
Baca juga: Indra Sjafri nilai adaptasi Jordi Amat berjalan mulus

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022