Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 15 kartu kuning dan dua kartu merah mewarnai Derbi Catalan antara Barcelona kontra Espanyol yang berakhir imbang 1-1 dalam laga pekan ke-15 Liga Spanyol yang berlangsung di Stadion Spotify Camp Nou, Sabtu.

Kartu merah dihadiahkan wasit Antonio Mateu Lahoz yang bertugas kepada bek Barcelona Jordi Alba dan gelandang Espanyol Vinicius Souza, setelah kedua masing-masing menerima dua kartu kuning.

Barcelona sebetulnya unggul cepat berkat gol Marcos Alonso, tapi Espanyol bisa menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Joselu, demikian catatan situs resmi Liga Spanyol.

Meski gagal meraih tiga poin penuh, Barcelona bisa kembali ke puncak klasemen berbekal keunggulan selisih gol atas Real Madrid meski kedua tim sama-sama mengoleksi 38 poin. Sedangkan Espanyol menempati urutan ke-16 dengan raihan 13 poin.

Pertandingan baru memasuki menit ketujuh saat Barcelona membuka keunggulan melalui Alonso yang memanfaatkan umpan sundulan Andreas Christensen dalam situasi sepak pojok.

Barcelona menguasai penuh jalannya permainan dan lebih banyak mengancam, tapi hingga babak pertama berakhir mereka gagal memperbesar keunggulan 1-0 atas Espanyol.

Las Blaugranas terus mencengkeram permainan dan nyaris menggandakan keunggulan di awal babak kedua, sayang penyelesaian Robert Lewandowski atas umpan silang Sergi Roberto masih melebar dari sasaran.

Baca juga: N'Golo Kante di ambang pindah dari Chelsea ke Barcelona

Alonso menjelma dari pahlawan jadi pecundang, sebab pada menit ke-71 ia menginjak kaki Joselu di dalam kotak penalti dan Lahoz langsung meresponnya dengan menunjuk titik putih menghadiasi tendangan 12 pas bagi tim tamu.

Joselu yang jadi algojo sukses mengecoh kiper Marc-Andre ter Stegen untuk membuat kedudukan jadi imbang.

Para pemain Espanyol melakukan selebrasi yang meluap-luap atas gol tersebut, memicu cekcok kecil antara kedua tim. Walhasil, Lahoz menghadiahkan kartu kuning kepada Alba serta dua pemain Espanyol Souza dan Edu Exposito.

Pada menit ke-78, Lahoz mengeluarkan kartu merah pertama di pertandingan itu setelah Alba menerima kartu kuning kedua akibat protes berlebihan menyusul tendangan bebas yang diberikan kepada Espanyol.

Tak sampai dua menit berselang, giliran Souza yang dijatuhi kartu merah oleh Lahoz, setelah melanggar Lewandowski.

Pelanggaran tersebut menimbulkan cekcok berikutnya antara kedua tim dan Lahoz sempat memberikan kartu langsung kepada Leandro Cabrera yang dianggap melakukan tindakan sengaja hampir menginjak kepala Lewandowski. Namun kartu merah Cabrera dibatalkan setelah tinjauan VAR.

Barcelona berusaha memburu gol kemenangan di sisa laga, termasuk tambahan waktu 10 menit, tapi kiper Alvaro Fernandez tampil gemilang melakukan setidaknya dua penyelamatan penting untuk memaksa skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit bubaran.

Selanjutnya, Barcelona akan bertandang ke markas Atletico Madrid pada Minggu (8/1) pekan depan, sehari setelah Espanyol menjamu Girona.

Sebelum itu, kedua tim bakal membuka tahun 2023 dengan menjalani pertandingan babak 32 besar Copa del Rey. Espanyol menghadapi Celta Vigo pada Selasa (3/1) dan sehari berselang bertamu ke markas tim kasta ketiga Intercity.

Baca juga: Kalahkan Real Valladolid 2-0, Real Madrid puncaki klasemen sementara
Baca juga: Ringkasan LaLiga: menang 2-0 Atletico ke peringkat tiga

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022