Banda Aceh (ANTARA) - Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan situasi malam pergantian tahun baru 2023 di tanah rencong terpantau berlangsung aman, tertib dan kondusif.

"Alhamdulillah situasi kondusif. Kita mengerahkan personel gabungan untuk pengamanan pergantian tahun baru ini," kata Irjen Pol Ahmad Haydar, di Banda Aceh, Sabtu malam.

Hal itu disampaikan Kapolda Aceh saat mengunjungi sejumlah pusat keramaian untuk memantau situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada malam pergantian tahun baru 2023 bersama unsur Forkopimda Aceh lainnya.

Dalam peninjauan tersebut Forkopimda Aceh mengingatkan warga kota yang tengah menghabiskan malam minggu (tahun baru) di warung-warung kopi agar tidak mengadakan kegiatan hura-hura.

"Kita imbau segala hal yang berbentuk hura-hura seperti pesta kembang api, meniup terompet dan sebagainya dilarang untuk dilakukan," ujarnya.

Haydar menyampaikan pihaknya bersama Pemerintah Aceh juga melakukan operasi lilin Seulawah untuk mengamankan kegiatan tahun baru dengan melibatkan 2.149 personel.

"Baik polda maupun jajaran, ada 1.035 personel yang sudah kami jajarkan baik di pos pengamanan maupun pelayanan. Ada juga 1.114 personel dari instansi," katanya.

Dalam operasi itu, lanjut Haydar, pihaknya juga melakukan patroli ke beberapa kawasan seperti tempat ibadah, terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, objek wisata baik di pantai dan tempat lainnya.

Baca juga: Jalan Asia Afrika Bandung macet total saat malam Tahun Baru 2023
Baca juga: Wali kota: Tidak ada perayaan malam Tahun Baru 2023 di Banda Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2023