Kami melihat cuaca hari ini untuk pelayanan penyeberangan Merak - Bakauheni normal
Merak (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara yang menjadi jalur penyeberangan Merak - Bakauheni relatif aman dengan ketinggian gelombang 0,5-0,75 sentimeter.

"Kami melihat cuaca hari ini untuk pelayanan penyeberangan Merak - Bakauheni normal," kata Wahyu Argo, seorang petugas prakiraan cuaca dari mobil BMKG di dermaga 2 Pelabuhan Merak, Senin.
 
Gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara yang menjadi lintasan penyeberangan Merak - Bakauheni pada Senin (2/1) berkisar antara 0,5 sampai 0,75 sentimeter.
 
Arah angin dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan 5 - 15 km/jam dan potensi hujan intensitas ringan.
 
Dengan demikian, kata dia, kondisi cuaca Merak - Bakauheni kembali normal dibandingkan Sabtu (31/12) malam hingga penutupan pelayanan penyeberangan akibat gelombang tinggi 2,5 meter dan tiupan angin hingga 46 km/jam.

Baca juga: Penyeberangan Merak-Bakauheni kembali normal
 
"Kami meyakini arus balik penyeberangan Merak - Bakauheni H+2 Tahun Baru normal," katanya.

Menurut dia, cuaca secara umum di Perairan Selat Sunda bagian utara diperkirakan berawan dan angin bergerak dari arah Barat Laut dengan kecepatan angin mencapai 5 - 10 km/jam.
 
Sedangkan pada sore hari ini hingga menjelang malam hari diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan terdapat potensi peningkatan kecepatan angin mencapai 05 - 15 km/jam.
 
Selanjutnya untuk wilayah jalur Penyeberangan Merak Bakauheuni diperkirakan tinggi gelombang antara 0,5 - 0.75 sentimeter. Karena itu Penyeberangan Merak - Bakauheni dipastikan aman tanpa hambatan cuaca dan gelombang.

Namun pihaknya tetap pengguna jasa waspada karena kondisi cuaca berubah-ubah. "Kami minta pengguna jasa agar tidak memaksa kehendak jika cuaca ekstrem dan baiknya menunggu cuaca kembali normal," katanya.

Baca juga: Menteri PMK pastikan penyeberangan Merak - Bakauheni lancar
Baca juga: Kendaraan di dermaga eksekutif Merak padat menunggu penyeberangan

 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023