Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Bus Kalideres Jakarta Barat memprediksikan puncak penumpang arus balik libur Natal dan tahun baru terjadi pada Senin ini.

"Diperkirakan hari ini, karena rata rata penumpang itu berangkat kemarin dan baru sampai hari ini," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen di Jakarta, Senin.

Baca juga: Jumlah penumpang di Terminal Kalideres naik hampir 70 persen

Berdasarkan data arus balik per pukul 07.00 WIB, jumlah penumpang saat arus balik di Terminal Bus Kalideres mencapai 534 penumpang.

Rata-rata warga datang menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari wilayah Lampung, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Diperkirakan jumlah penumpang saat arus balik itu akan meningkat mencapai 1.000 orang hingga malam nanti.

Hal tersebut dimungkinkan lantaran saat puncak keberangkatan pada 23 Desember 2022 lalu saja jumlah penumpang mencapai 1.051 orang.

Baca juga: Pengelola Terminal Bus Kalideres lakukan pemeriksaan kelayakan bus

"Kalau sampai siang atau sore nanti diperkirakan bisa 1.000 lebih," ujar Revi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah bekerja sama dengan petugas kepolisian dan TNI untuk menjaga wilayah Terminal Kalideres saat kondisi ramai.

Pihaknya juga masih mendirikan pos kesehatan dan pos ram cek kendaraan bus guna memastikan kondisi kesehatan penumpang dan bus yang baru datang ke Terminal Kalideres.

Dengan upaya tersebut, dia berharap aktivitas di Terminal Kalideres saat puncak arus balik liburan bisa berjalan dengan aman dan kondusif.

Baca juga: Arus balik di Terminal Kalideres diprediksi pada 2-4 Januari 2023

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2023