Manila, Filipina (ANTARA) - Dari mahasiswa hingga pelancong mendukung langsung perjuangan tim nasional Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, dalam menghadapi tuan rumah Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.

"Kami datang karena sebelumnya tidak pernah melihat timnas Indonesia bertanding di luar negeri," kata Aimee Elisabeth yang juga mahasiswa Indonesia di Filipina kepada ANTARA di Stadion Rizal Memorial.

Aimee hadir di stadion berumput buatan itu bersama lima temannya yang sama-sama tengah menempuh pendidikan di Adventist University of the Philippines.

Untuk memeriahkan pertandingan, Aimee dan rekan-rekannya sengaja mengenakan pakaian berbau Indonesia, baik itu yang berwarna merah putih maupun bertuliskan "Indonesia".

Kemudian, mereka pun membawa balon tepuk. Tidak lupa, kebugaran fisik pun menjadi senjata.

"Kami sudah menyiapkan suara. Tadi kami juga berdoa untuk kemenangan Indonesia sebelum berangkat ke sini," kata Aimee.

Baca juga: Timnas Indonesia disambut meriah di Stadion Rizal Memorial Filipina

Suporter Indonesia lainnya, Agung Wilarsoh, mengungkapkan bahwa dia dan 19 temannya ingin menonton Indonesia langsung di stadion lantaran memang tengah berlibur di Filipina.

Agung dan rombongan penasaran melihat performa Indonesia yang menurut dia tengah dalam tren positif.

"Sebagai WNI, kami bangga dengan prestasi sepak bola tanah air. Semoga timnas semakin maju," tutur pria asal Jakarta itu.

Pertandingan pamungkas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB.

Agar mencapai semifinal, Indonesia minimal harus memetik hasil imbang dari laga melawan Filipina ini

Sementara agar menjuarai grup Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang akan melawan Kamboja pada hari yang sama.

Baca juga: Hadapi Filipina, timnas Indonesia wajib waspada faktor nonteknis
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023