Jakarta (ANTARA) - Pemain drum (drummer) dari grup musik legendaris Earth, Wind & Fire, Fred White, telah meninggal dunia di usia 67 tahun, Associated Press melaporkan, dikutip pada Selasa.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh saudara kandung Fred yang juga sekaligus vokalis, pemain perkusi dan bass untuk band tersebut, Verdine White. Namun, ia tak memberikan detail lebih lanjut soal bagaimana atau di mana saudaranya wafat.

Earth, Wind & Fire dimulai pada tahun 1970 di bawah kepemimpinan Maurice White, yang menciptakan sebuah band yang menggabungkan unsur-unsur jazz, funk, R&B, soul, dance, pop dan rock, serta merayakan musik dan spiritualisme Afrika.

Didorong oleh bagian terompet mereka, Phenix Horns, dan reputasi untuk pertunjukan live yang energik dan bombastis, popularitas grup tumbuh setelah mereka pindah ke Columbia Records, yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Clive Davis.

Fred White sudah menjadi drummer ulung sejak lama. Ia sebelumnya bermain untuk Donny Hathaway, sebelum dia bergabung dengan Earth, Wind & Fire pada pertengahan 1970-an. Dipasangkan bersama drummer dan pemain perkusi Ralph Johnson, bagian ritme band ini padat, ceria dan memiliki peran besar bagi pertunjukan panggung untuk lagu-lagu seperti "Boogie Wonderland" dan "September" yang menjadi favorit banyak orang di dunia.

Verdine White menyebut saudaranya adalah musisi cilik yang berbakat. Fred White bertahan dengan band hingga 1983.

"Baik di rumah dan di luar, dia adalah saudara yang luar biasa yang selalu menghibur dan menyenangkan! Dan kami selalu dapat mengandalkannya untuk membuat situasi yang tampaknya buruk menjadi lebih ringan!" kata Verdine.

Beberapa lagu hits terbesar band ini masih sangat populer, sering dijadikan sampel dan digunakan dalam film yang tak terhitung jumlahnya.

Band ini dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2000, memainkan pertunjukan paruh waktu Super Bowl 2005 dan memiliki enam Grammy. Lagu "Got to Get You Into My Life" dari band ini juga ada di daftar putar Spotify pertama Barack Obama.

Periode band yang paling sukses dimulai dengan album "That’s The Way of The World" (1975) dan berlanjut hingga sisa dekade itu. Hit lainnya termasuk "Serpentine Fire", "Shining Star", dan cover dari The Beatles "Got to Get You Into My Life".

Baca juga: Maurice White, pendiri band Earth, Wind & Fire, meninggal

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023