Jauhi lingkaran toksisitas
Jakarta (ANTARA) - Aktor senior peraih Oscar Anthony Hopkins membagikan pesan bagi mereka yang berjuang melawan alkoholisme, bertepatan dengan peringatan 47 tahun dirinya berhasil hidup tanpa alkohol.

Mengutip The Hollywood Reporter yang disiarkan Senin (2/1) waktu setempat, Hopkins mengatakan bahwa pesan yang dia sampaikan hanya ingin membantu mereka yang mungkin bergulat dengan kecanduan alkohol seperti yang terjadi pada dirinya beberapa dekade yang lalu.

“Saya mengatakan ini: Berbaik hatilah pada diri sendiri. Bersikaplah yang baik. Jauhi lingkaran toksisitas dengan orang-orang jika mereka menyinggung Anda. Jalani hidupmu. Banggalah dengan hidupmu,” kata dia melalui video yang dibagikan melalui akun media sosialnya.

Dia pun menggambarkan bagaimana 47 tahun yang lalu berada dalam situasi putus asa dan tidak memiliki harapan untuk hidup hingga akhirnya suatu hari mulai menyadari ada sesuatu yang salah dengan dirinya.

“Tetapi saya tidak menyadari bahwa itu adalah semacam kondisi, kondisi mental, fisik, emosional yang disebut alkoholisme atau kecanduan,” lanjut dia.

Hopkins menegaskan dirinya bukanlah seorang pakar untuk memulihkan kecanduan. Hanya saja kini Hopkins telah menemukan kehidupan di mana tidak ada orang yang merendahkan dirinya.

Dia menekankan agar anak muda yang merasa direndahkan untuk mengabaikan ujaran yang disampaikan oleh orang-orang yang dianggap beracun. Hopkins juga mendorong siapa pun yang berjuang melawan kecanduan dan kemudian mulai berbicara dengan orang yang terpercaya seperti konselor.

"Ada program 12 langkah di seluruh dunia. Setiap kota, setiap kota kecil, setiap komunitas, program 12 langkah yang dapat membantu Anda mengidentifikasi diri Anda. Tidak ada biaya apa pun, tetapi itu akan memberi Anda kehidupan yang sama sekali baru," kata pemain film "The Father" (2020) itu.

Terakhir, dia mengatakan bahwa dirinya bukanlah orang yang suci. Meski begitu, sebagai seorang mantan pecandu, Hopkins mengaku pengalaman lepas dari alkohol membantunya memiliki kehidupan yang dimiliki saat ini.

“Jadi, di mana pun Anda berada, carilah bantuan. Jangan malu. Banggalah pada diri sendiri—apa pun yang Anda lakukan, jangan biarkan siapa pun menjatuhkan Anda. Rayakan dirimu seperti yang aku lakukan sendiri, meskipun aku tidak tahu apa-apa," kata Hopkins.

Baca juga: Anthony Hopkins kalahkan Chadwick Boseman jadi aktor terbaik Oscar

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023