Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengajak semua elemen menyukseskan puncak Peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di Sidoarjo, Selasa, mengatakan pihaknya mengeluarkan surat edaran (SE) dukungan pelaksanaan kegiatan Satu Abad NU yang ditujukan kepada seluruh OPD, camat, BUMD, instansi vertikal, instansi swasta, kepala desa serta tokoh masyarakat, dan tokoh agama
 
"Kegiatan itu diprediksi akan dihadiri tidak kurang dari satu juta orang. Mereka datang dari berbagai pelosok Nusantara dan bakal memadati kota Sidoarjo untuk menyukseskan acara akbar itu," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi Kabupaten Sidoarjo karena dipilih menjadi tempat puncak harlah peringatan ormas Islam terbesar di Indonesia yang berdiri tahun 1926 itu.
 
"Tanggal 7 Februari bulan depan ini Sidoarjo punya hajat besar, PBNU memilih Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai tempat puncak Harlah Satu Abad NU. Saya mengajak seluruh jajaran pemkab dan instansi vertikal serta tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut menyukseskan acara tersebut," ujar Gus Muhdlor, sapaan akrabnya.

Baca juga: PBNU undang Presiden Jokowi hadiri rangkaian utama Harlah Satu Abad NU
 
Ia mengatakan surat edaran ajakan mendukung kelancaran dan kesiapan menyukseskan puncak peringatan Satu Abad NU tersebut bersifat sukarela.
 
"Semua elemen dari unsur pemerintah, TNI-Polri, instansi vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta instansi swasta kita libatkan. Kita siap menyukseskan acara akbar Harlah Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo nanti," kata dia.
 
Sejumlah persiapan yang dilakukan Pemkab Sidoarjo, di antaranya pengamanan, transportasi, transit tamu undangan VVIP, seperti Presiden Joko Widodo bersama dengan para sesepuh NU, para masyayikh, pengurus PBNU serta jajaran menteri dan gubernur.

"Surat edaran ini juga sekaligus mengingatkan kepada hotel di kawasan Sidoarjo agar lebih siap melayani para jamaah. Karena puncak peringatan Harlah Satu Abad NU ini bakal sangat ramai orang. Acara akbar ini juga menjadi berkah bagi industri perhotelan, kuliner, dan UMKM," demikian Gus Muhdlor.

Baca juga: Nahdlatul Ulama gelar NU Festival 2023 jelang satu abad
Baca juga: Yenny Wahid: NU Women langkah progresif NU sikapi isu-isu perempuan
Baca juga: PBNU harap Satu Abad NU jadi momentum NU masuki era kebangkitan baru

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023