Selain itu juga kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu
Jakarta (ANTARA) - Jaringan XL Axiata selama periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tidak mengalami gangguan berarti mengingat sebelumnya sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

Langkah antisipatif yang dimaksud adalah peningkatan kapasitas hingga 2 kali lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana.

"Selain itu juga kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: XL Axiata-Youtube hadirkan "Unlimited Youtube Shorts"

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan akhir tahun. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8 persen dibandingkan hari normal.

Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut naik 29 persen, lalu Kabupaten Cianjur naik 26 persen, dan Kabupaten Bogor naik 24 persen.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22 persen, selanjutnya provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21 persen dan berikutnya propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah 19 persen.

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21 persen dibandingkan hari normal. Di alun alun Solo naik hingga 90 persen, dan Lombok naik 25 persen.

Baca juga: XL Axiata siapkan jaringan 5G dan 4G sukseskan G20

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan akhir tahun mencapai sekitar 300 ribu pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja dan Singapura.

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, Game serta web browsing. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing sebesar 30 persen.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9 persen dari hari normal, Twitter 6 persen, Instagram 19 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 24 persen, Tiktok 22 persen dan pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39 persen.

Baca juga: Operator pulihkan jaringan seluler setelah gempa Cianjur

Baca juga: XL Axiata pastikan jaringan 4G prima dukung gelaran WSBK 2022

Baca juga: XL Axiata perkuat jaringan 4G sepanjang jalur Pansela Jabar

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023