Jakarta (ANTARA) - Pengumuman penurunan harga bahan bakar minyak Pertamax series milik perusahaan pelat merah PT Pertamina (Persero) mewarnai peristiwa bidang ekonomi yang terjadi di Indonesia pada Selasa (3/1/2023).

Selain itu, penutupan perdagangan Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) yang melesat 0,55 persen atau 37,78 poin ke posisi 6.888,78 dan tiga investor siap bangun perumahan IKN Nusantara turut masuk deretan berita ekonomi populer.

Berikut kami merangkum berita-berita bidang ekonomi yang dapat menjadi asupan wawasan Anda pagi ini:


Harga Pertamax turun

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak jenis Pertamax series yang berlaku mulai pukul 14.00 WIB, Selasa kemarin.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan penyesuaian harga tersebut mengacu pada perubahan harga minyak mentah dan harga produk minyak dunia.

Baca selengkapnya di sini.


Harga minyak 2023 diperkirakan naik tipis

Harga minyak diperkirakan akan mencatat kenaikan kecil pada 2023 karena latar belakang ekonomi global yang semakin gelap dan gejolak COVID-19 di China mengancam pertumbuhan permintaan dan mengimbangi dampak kekurangan pasokan yang disebabkan oleh sanksi terhadap Rusia.

Baca selengkapnya di sini.


Bank Mandiri salurkan dana klaim COVID-19 lebih dari Rp100 triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membantu pemerintah menyalurkan pembayaran klaim atas perawatan pasien COVID-19 senilai lebih dari Rp100 triliun kepada 2.000 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia hingga saat ini.

Transaksi pembayaran yang diterima dapat dimonitor secara langsung oleh rumah sakit rujukan sehingga dana yang diterima dapat dioptimalkan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik.

Baca selengkapnya di sini.


IHSG ditutup naik ke posisi 6.888,76

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa sore ditutup naik seiring investor yang mempertimbangkan dampak pelonggaran di Tiongkok.

IHSG ditutup menguat 37,78 poin atau 0,55 persen ke posisi 6.888,76. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 5,38 poin atau 0,57 persen ke posisi 940,46.

Baca selengkapnya di sini.


Investor lokal dan asing bangun perumahan IKN

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menyebutkan sudah ada tiga investor dalam negeri dan asing yang siap membangun kawasan perumahan, termasuk hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN Nusantara.

Ketiga investor tersebut terdiri dari dua perusahaan lokal dan satu asing yakni PT Summarecon Agung, konsorsium lokal CCFG Corp - PT Risjadson Brunsfield Nusantara (CCFG-RBN), dan Korea Land and Housing Corporation (KLHC).

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023