Jakarta (ANTARA) - Sehari setelah memenangi penghargaan Pemain Terbaik Mingguan Wilayah Barat NBA dua pekan berturut-turut, bintang Dallas Mavericks Luka Doncic kembali menyabet penghargaan serupa untuk bulan Desember, sebagaimana diumumkan NBA, Rabu WIB.

Doncic memenangi penghargaan pemain terbaik bulanan ketiga sepanjang karier lewat torehan rata-rata 35,1 poin, 8,5 rebound, 9,3 assist, dan 1,6 steal dalam 15 penampilan sepanjang Desember 2022, di mana Maverics membukukan catatan menang-kalah 11-4.

Itu merupakan rata-rata poin tertinggi yang pernah dicapai seorang pemain Mavericks, di mana sang bintang asal Slovenia mencapainya dengan tingkat akurasi tembakan terbuka 51,9 persen serta 42,4 persen dari luar busur.

Dalam 12 dari 15 penampilannya di bulan Desember, Doncic selalu mencetak sedikitnya 30 poin, termasuk tiga kali di atas 50 poin. Doncic juga menorehkan tiga kali triganda sepanjang Desember, membuat ia kini telah memiliki delapan triganda.

Baca juga: Doncic-Porzingis dinobatkan Pemain Terbaik NBA Pekan ke-11
Baca juga: Mavericks bangkit pukul Rockets disokong 39 poin milik Luka Doncic


Sementara untuk Pemain Terbaik Desember Wilayah Timur dimenangkan oleh bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid, yang membuatnya kini setara dengan Allen Iverson sebagai pemain pemenang penghargaan serupa terbanyak bersama tim itu dengan lima kali.

Embiid membantu Sixers menorehkan rekor 9-4 sepanjang Desember, termasuk rentetan delapan kemenangan beruntun.

Pemain kelahiran Kamerun itu saat ini memimpin daftar top skor Desember dengan rata-rata 35,4 poin per gim berkat tingkat konversi tembakan terbuka 54,5 persen dan 41,7 persen untuk tripoin.

Penghargaan lain yang diumumkan NBA adalah Pemain Debutan Terbaik Desember, yang dimenangi oleh forward Orlando Magic Paolo Banchero untuk Wilayah Timur dan forward Sacramento Kings Keegan Murray di Barat.

Sepanjang Desember, Banchero punya rata-rata 19,1 poin, 6,5 rebound, dan 4,1 assist, sedangkan Murray 12,7 poin dan 3,5 rebound.

Di sisi lain, performa Banchero yang merupakan pilihan pertama NBA Draft 2022 lalu semakin memperkuat posisinya dalam perburuan penghargaan Pemain Debutan Terbaik atau Rookie of the Year (ROTY) lewat torehan rata-rata 20,9 poin, 6,7 rebound, dan 3,9 assist sepanjang musim sejauh ini.

Sementara itu untuk penghargaan Pelatih Terbaik Desember dimenangkan oleh pelatih kepala New Orleans Pelicans Willie Green di Barat dan pelatih interim Brookyn Nets Jacques Vaughn di Timur.

Green membimbing Pelicans membukukan rekor 10-5 sepanjang Desember, sedangkan Nets jauh lebih superior bersama Vaughn yang mencatatkan rekor 12-1 termasuk 12 kemenangan beruntun.

Baca juga: Warriors menangi laga sengit kontra Hawks lewat dua kali overtime
Baca juga: Donovan Mitchell meledak cetak 71 poin kala Cavaliers atasi Bulls

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023