Singapura (ANTARA) - Euro mengalami kerugian di awal sesi Asia pada Rabu pagi, dan telah membantu dolar membuat awal yang kuat untuk tahun 2023, setelah kejutan perlambatan inflasi Jerman mendorong penguatan dan mengirim mata uang bersama meluncur lebih rendah.

Euro merosot 1,0 persen semalam, penurunan tertajam dalam lebih dari dua bulan, dan melayang mendekati posisi terendah tiga minggu di 1,0550 dolar di awal sesi Asia.

Seiring dengan suasana gugup karena saham AS jatuh, langkah tersebut memberi dolar dorongan yang lebih luas dan menghentikan kenaikan yen di jalurnya. Yen terakhir stabil di 131,20 per dolar. Indeks dolar AS naik 1,0 persen pada Selasa (3/1/2022) menjadi 104,73.

Lompatan itu menghentikan penurunan indeks selama tiga bulan.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Jerman turun menjadi 8,6 persen secara tahunan pada Desember, dari 10 persen bulan sebelumnya, dibandingkan ekspektasi sebesar 9,1 persen. Obligasi Jerman dan obligasi Eropa lainnya menguat tajam.

Sementara itu saham pembuat mobil AS Tesla juga anjlok 12 persen setelah perusahaan gagal memenuhi ekspektasi pengiriman, membebani sentimen dan indeks Wall Street yang lebih luas.

Baca juga: Rupiah melemah, tertekan kekhawatiran potensi resesi ekonomi global

"Kejutan penurunan IHK Jerman ... berdampak," kata Kepala Strategi Valas National Australia Bank, Ray Attrill, di Sydney. Ia menambahkan kelemahan di pasar saham AS menarik kembali dolar Australia dan Selandia Baru.

Aussie kehilangan 1,0 persen pada Selasa (3/1/2023) dan stabil di 0,6733 dolar AS pada perdagangan pagi. Kiwi juga turun 1,0 persen dan bertahan di 0,6248 dolar AS. Sterling turun 0,7 persen semalam dan terakhir dibeli 1,1986 dolar.

Penguatan dolar memangkas kenaikan yuan China, tetapi permintaan musiman menjelang Tahun Baru Imlek dan harapan untuk pemulihan di sisi lain dari gelombang infeksi COVID telah memberikan dukungan.

Dalam perdagangan di luar negeri, yuan menguat di 6,9160 per dolar. Baht Thailand telah naik ke level tertinggi enam bulan di tengah harapan pariwisata ketika China menghapus karantina bagi para pelancong.

Kalender kegiatan di Asia pada Rabu cukup kosong, dengan para pedagang menantikan survei manufaktur AS dan risalah dari pertemuan Federal Reserve bulan lalu, keduanya akan dirilis hari ini, dan data pekerjaan dijadwalkan akan dirilis minggu ini.

"Kami kembali ke beberapa data ekonomi, jadi mungkin kami akan mendapatkan beberapa aksi harga yang didorong secara fundamental dari itu," kata Attrill dari NAB.

Baca juga: Dolar AS melonjak jelang rilis risalah pertemuan Fed
Baca juga: Yen capai tertinggi 7-bulan didorong harapan perubahan kebijakan BoJ


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023